PERBANDINGAN PENGARUH LATIHAN UPHILL DENGAN INTERVAL TRAINING TERHADAP PENINGKATAN KECEPATAN LARI

Defri Mulyana, Iman Rubiana

Abstrak


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perbandingan pengaruh latihan uphill dengan interval training terhadap peningkatan kecepatan lari pada siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 10 Tasikmalaya dan informasi tentang bentuk latihan yang paling efektif di antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik tes. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMA Negeri 10 Tasikmalaya sebanyak 32 orang yang dijadikan sampel sebanyak 30 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji statistik, t hitung 2,05 sama dengan t tabel 2,05 dan berada di dalam daerah penerimaan hipotesis, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang berarti antara kelompok A dan kelompok B dalam meningkatkan kecepatan lari. Dengan demikian, bahwa latihan uphill lebih berpengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan lari siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 10 Tasikmalaya. Dari hasil penelitian ini disarankan agar para Pembina dan pelatih olahraga hendaknya selalu mencoba bentuk-bentuk latihan yang tepat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai agar hasil latihannya memuaskan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam menyusun dan melaksanakan program latihan yang bertujuan meningkatkan kecepatan lari.

 

Kata Kunci : Latihan Uphil, Interval Training, Kecepatan Lari

 

Abstract

The purpose of this study was to obtain information about the comparison of the effect of uphill training with interval training on increasing running speed in students participating in extracurricular football at SMA Negeri 10 Tasikmalaya and information about the most effective form of training between the two. The research method used is an experimental method with test techniques. The research population used was 32 students who participated in the extracurricular football at SMA Negeri 10 Tasikmalaya, who were sampled as many as 30 people. Based on the results of data processing with statistical tests, t count 2.05 is the same as t table 2.05 and is in the area of acceptance of the hypothesis, so the null hypothesis (Ho) is rejected and the working hypothesis is accepted. Thus, there is a significant effect between group A and group B in increasing running speed. Thus, that uphill training has a significant effect on improving the running skills of the students participating in the extracurricular football at SMA Negeri 10 Tasikmalaya. From the results of this study it is suggested that the coaches and sports coaches should always try the right forms of training in accordance with the objectives to be achieved so that the training results are satisfactory. The results of this study can be used as a reference in preparing and implementing an exercise program aimed at increasing running speed.

Keywords:  Uphil Training, Interval Training, Running Speed

Kata Kunci


Latihan Uphil, Interval Training, Kecepatan Lari

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Badriah, Dewi L. (2002). Fisiologi Olahraga dalam Perspektif dan Praktik Bandung : Pustaka Ramadhan.

Badriah Dewi L. (2006). Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Kesehatan. Bandung : Multazam.

Harsono. (2001). Latihan Kondisi Fisik. Bandung.

Jarver, Jess. (2006). Belajar dan Berlatih Atletik. Bandung. Pionir Jaya

Nurhasan dan Abdul Narlan. (2001). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Tasikmalaya : PJKR FKIP UNSIL.

Sajoto, M. (2014). Peningkatan & Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalamOlahraga . Semarang: EFF Dahara Prize.

Suharno, HP. (1993). Metodologi Pelatihan. Yogyakarta : FPOK IKIP Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v5i1.2899

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref