TINGKAT PENGETAHUAN GURU PJOK TERHADAP RULES OF BASKETBALL GAME DI SMA SE-KECAMATAN JOMBANG

arnaz anggoro saputro, Guntum Budi Prasetyo

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap peraturan permainan bola basket di SMA se-kecamatan Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 18 guru pendidikan jasmani di 12 SMA se-Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Jawa Timur. Instrumen yang digunakan adalah tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan hasil penilaian seluruh guru yang dilakukan dengan alat yang sama yang akan dibuat menjadi 5 kategori, yaitu kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan kategori sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap peraturan permainan bola basket di SMA se-Kecamatan Jombang yaitu 5 responden (27,78%) masuk dalam kategori sangat tinggi, 4 responden (22,22%) masuk dalam kategori tinggi, 5 responden (27,78%) masuk dalam kategori sedang, 1 responden (5,55%) masuk dalam kategori rendah, dan 3 responden (16,67%) masuk dalam kategori Sangat rendah, dan bila dilihat dari rerata (Mean) pada hasil keseluruhan responden dengan nilai 25,61 maka nilai tersebut juga masuk dalam kategori “sedang”. Dengan demikian dapat disimpulkan guru pendidikan jasmani di SMA se-Kecamatan Jombang memiliki tingkat pengetahuan cukup baik terhadap peraturan permainan bola basket.


Kata Kunci


Tingkat Pengetahuan, Peraturan Bola Basket, Guru Penjas SMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Boum WC, Tolbert MT (1985). Investing in Development Lessons of the Word Bank Experiences. London Oxford University Press.

FIBA. (2018). 2018 Official Basketball Rules, Basketball Rules and Basketball Equipment. Switzerland: FIBA International Basketball Federation.

Geletu, Girma Moti & Wolde, Solomon. (2018). Technical Problems in Teaching Basketball Practical Session: The Case of Grade 11 in Alamura Preparatory School. Journal of Physical Education and Sport Management, 9(4), 30-42.

Pujianto, Dian & Insanistyo, Bayu. (2014). Pemetaan Profil dan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Tingkat Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(1), 31.

Suharsaputra, Uhar. (2011). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Paramira Publising.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v5i1.2996

Article Metrics

Abstrak view : 72 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEX BY

google scholar garuda base road citefactor

crossref