PERBANDINGAN LATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN BOLA UKURAN 4 DAN 5 TERHADAP KETEPATAN MENENDANG BOLA KE ARAH GAWANG

Aditya Gumantan, Imam Mahfud

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan latihan dengan menggunakan bola ukuran 4 dan 5 terhadap ketepatan menendang bola ke arah gawang pada ekstrakulikuler sepakbola SD Negeri 2 Kampung Baru tahun pelajaran 2016/2017. Dan diharapkan bermanfaat bagi peneliti dan guru penjaskes sebagai bahan mengajar dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran penjaskes khususnya sepakbola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan berjumlah 24 siswa. Sampel yang digunakan adalah semua populasi yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola SD Negeri 2 Kampung Baru yang berjumlah 24 siswa karena populasi tidak lebih dari 100 testi. Pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian di dapat bahwa latihan dengan menggunakan bola ukuran 4 dan 5 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat ketepatan menendang bola ke arah gawang. Latihan dengan menggunakan bola ukuran 5 memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap tingkat ketepatan menendang bola ke arah gawang, hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes akhir bola ukuran 4 sebesar 3,174 lebih kecil dibandingkan dengan bola ukuran 5 sebesar 5,285. Kesimpulan dari penelitian ini adalah latihan dengan menggunakan bola ukuran 5 lebih efektif dibandingkan dengan latihan menggunakan bola ukuran 4 pada siswa ekstrakulikuler sepakbola SD Negeri 2 Kampung Baru.

Kata Kunci


Bola ukuran 4, bola ukuran 5, menendang bola (shooting)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (1997). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bahagia, Yoyo (2010). Modifikasi pembelajaran pendidikan jasmani http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/194903161972111YOYO_BAHAGIA/MODUL_FASILITAS_%26_P_P_(MODUL)/M-4.pdf . Diakses Tanggal 28 Maret 2013 Jam 15:25.

FIFA. (2008). Laws Of The Game. Jakarta: PSSI

Giriwijoyo, H.Y.S. Santosa. (2012). Ilmu Faal Olahraga, Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga Untuk Kesehatan dan Prestasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: CV Tambak Kusuma.

Harsono.(2004). Perencanaan Program Latihan Edisi Kedua. Bandung: FPOK UPI Bandung.

http:// ryosoul.wordpress.com. Diakses Tanggal 28 maret 2013 jam 20:29

Kosasih, Engkos. (1993). Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta AKA Press

Lutan, Rusli. (2000). Asas-asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas.

Nurhasan. (1986). Buku Materi Pokok Tes dan Pengukuran. Jakarta: UT

Scheunemann, Timo (2012). Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepakbola Indonesia. Jakarta. PSSI

Sucipto. ( 2000 ). Sepakbola. Jakarta: Depdiknas.

Sucipto, et.al.(1999). Sepak Bola. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III

Tahun1999/2000.

Sudjana, Nana (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Suharno. (1981). Ilmu Coching Umum. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Soekatamsi. (1995). Permainan Besar 1 (Sepak Bola). Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukadiyanto.(2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung

Sukadiyanto. (2002). Teori dan metodologi melatih fisik petenis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v2i1.503

Article Metrics

Abstrak view : 493 times
PDF - 289 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEX BY

google scholar garuda base road citefactor

crossref