HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI, POWER TUNGKAI DAN KOORDINASI MATA-KAKI DENGAN KEMAMPUAN PASSING PADA PEMAIN UNIT KEGIATAN MAHASISWA OLAHRAGA FUTSAL PERGURUAN TINGGI TEKNOKRAT

Eko Bagus Fahrizqi

Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dari panjang tungkai, power tungkai dan koordinasi mata baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kemampuan passing atau mengoper pada futsal. Penelitian ini dilakukan pada pemain unit kegiatan mahasiswa futsal perguruan tinggi teknokrat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasional. Sampel terdiri dari 30 orang. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan ujicoba terhadap instrument tes yang akan digunakan dalam penelitian. Ujicoba ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah instrumen yang akan diuji valid dan reliabel. Teknik analisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Instrumen penelitian untuk mengukur anggota tubuh panjang tungkai dengan anthropometer dan kekuatan tungkai menggunakan standing broad jump . Tes koordinasi mata-kaki dan tes kemampuan passing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif antara panjang tungkai dengan kemampuan passing atas koefisien korelasi r x1y = 0.355 dan memberikan pengaruh sebesar 40.14%. (2) terdapat hubungan yang positif antara power tungkai dengan kemampuan passing atas koefisien korelasi r x2y = 0.303 dan memberikan pengaruh sebesar 60.66%. (3) terdapat hubungan yang positif antara koordinasi mata kaki dengan kemampuan passing atas koefisien korelasi r x3y = 0.527 dan memberikan pengaruh sebesar 27.22 %. (4) terdapat hubungan yang positif antara panjang tungkai, power tungkai dan koordinasi mata kaki secara bersama-sama dengan kemampuan passing atas Rx123y = 0.560 memberikan pengaruh sebesar 31.36%.

Kata Kunci


Panjang tungkai, Power Tungkai, Koordinasi Mata Kaki, Kemampuan Passing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A,Sarumpaet. dkk. 2006. Permainan besar, departemen pendidikan dan kebudayaan direktorat jenderal pendidikan tinggi proyek pembinaan tenaga pendidikan, padang.

E. Cooper. 1995. Business Research Methods, us: Irwin.

Grosser, Kesehatan Olahraga (United Kingdom, 2007), h.55.

Hp, Suharno. 2008. Ilmu Kepelatihan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Luxbacher,Joseph a. 2012. Sepak Bola, depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Nugraha, Andi Cipta. 2013. Mahir Sepakbola, Bandung: Nuansa Cendekia.

Mielke, Danny. 2007. Dasar-Dasar Sepakbola, Bandung : Pakar Raya.

Sajoto, M. 2005. Kekuatan dan Kondisi Fisik. Effhara Daharsa Prize, Semarang.

Soekatamsi. 1998. Permainan Besar Sepak Bola, Solo: Tiga Serangkai.

Subagyo dan Sigit Nugroho. 2010. Kinesiologi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Supriatna, Eka . 2011. Korelasi Antara Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelentukan Togok dengan Keterampilan Samash Bola Voli pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta: Tesis, PPs UNJ.

Tangkudung, James., Wahyuningtias Pusitorini. 2012. Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi edisi II, Jakarta : Cerdas Jaya.

Tudor O, Bompa. 2009. Theory and Methodology of Training (IOWA : Kendal / Hunt Publishing Company.

Widiastuti. 2011. Tes dan Pengukuran Olahraga, Jakarta : PT Bumi Timur Jaya.

Yuwono. 2011. Hubungan Antara Kecepatan, Kelincahan Dan Keseimbangan Dengan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sekolah Sepakbola Pespex. Cileungsi Bogor.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v2i1.508

Article Metrics

Abstrak view : 927 times
PDF - 652 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


INDEX BY

google scholar garuda base road citefactor

crossref