Model Pendidikan Olahraga Dalam Meningkatkan Sikap Sportivitas

Didik Subhakti Prawira Raharja

Abstrak


Perilaku kekerasan dan kerusuhan terjadi akibat proses sosial yang dilakukan tidak terjalin dengan baik. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kurangnya kesadaran individu yang tidak memahami makna sportivitas sehingga menampilkan sikap negatif ketika berpartisipasi dalam kegiatan olahraga seperti tidak menerima kekalahan, menolak keputusan wasit, fanatisme yang berlebihan yang mengakibatkan kerusuhan dan keributan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap Sportivitas melalui penerapan model pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan  pretes-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 2 Universitas Majalengka yang mengikuti perkuliahan permainan Bola Tangan, terdiri dari 3 kelas dan pemilihan sampel digunakan dengan teknik two stage random sampling, instrument yang digunakan mengadopsi dari Multidimensional Sportspersonship Orientation Scale (M.S.O.S). Berdasaarkan pengolahan dan analisis data, Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pendidikan olahraga dan model konvensional terhadap peningkatan sikap sportivitas. Model pendidikan olahraga memberikan pengaruh yang lebih baik dikarenakan adanya pembagian tugas yang berbeda dalam setiap pemebelajaran serta memberikan pengalaman terhadap situasi permainan yang sesungguhnya dengan saling bertukar peran sehingga dapat meningkatkan sikap sportivitas. Dengan demikian penerapan model pendidikan olahraga lebih efektif dalam meningkatkan sikap sportivitas dibandingkan dengan model konvensional, akan tetapi perlu di lakukan penelitian lebih lanjut dengan melibatkan banyak jenis cabang olahraga serta karakteristik sampel yang berbeda

Kata Kunci


model pendidikan olahraga; sikap sportivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfermann, D. Teacher-Student Interaction and Interaction Patterns In Student Group. Dalam Auweele. Y.v (1999) Psychology For Physical Educators. Human kinetics.

Dyson, B. Griffin, L. L. And Peter H. (2004). Sport Education, Tactical Games, and Cooperative Learning: Theoretical And Pedagogical Considerations. The World's Leading Sport Resource Centre Tersedia Www.Sirc.Ca

Fraenkel, J. R. et al. (1993). How To Design and Evalute Research In Education. New York: McGraw Hill-Inc.

Gómez-Mármol, A., & Sánchez-Pato, A. (2014). El concepto de deportividad en alumnos de último curso de la licenciatura en CAFD de la UCAM: un estudio mediante entrevistas. TRANCES. Revista de Transmisión del Conocimiento Educativo y de la Salud, 6(4), 201-225.

Lutan, Rusli. Olahraga dan Etika Fair Play. 2001. Jakarta : Direktorat Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi Olahraga, Departemen Pendidikan Nasional.

Metzler, M. W. (2000). lntrictional Model For Physical Education. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Santoso, Slamet. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Pt. Reflika Aditama. Bandung

Siedentop, Daryl. (1994). Sport Education : Quality PE Through Positive Sport Experiences. Champaign : Human Kinetic

Purwanto, Ngalim. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda karya

Weinberg Robert S dan Gould, Daniel. (2007). Foundations of sport and exercise psychology. Human Kinetics Publisher. Four Edition.

Vallerand, R. J., Brière, N. M., Blanchard, C., & Provencher, P. (1997). Development and validation of the Multidimensional Sportspersonship Orientations Scale. Journal of Sport and Exercise Psychology, 19(2), 197-206




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v3i1.748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref