Desain Pengembangan Kurikulum
Abstract
Desain pengembangan kurikulum adalah proses pengorganisasian model kurikulum yang dirancang berdasarkan visi dan misi sekolah, dan mengembangkannya melalui proses verifikasi, implementasi, dan evaluasi. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika merancang pengembangan kurikulum adalah: mengidentifikasi misi lembaga dan kebutuhan pengguna pendidikan, menilai kebutuhan peserta didik, menetapkan tujuan pendidikan, memilih strategi pendidikan, menerapkan kurikulum baru, melakukan evaluasi dan umpan balik.Memperbaiki kurikulum. Pendekatan filosofis dalam penelitian kepustakaan digunakan, dengan tujuan melakukan analisis isi melalui analisis konseptual dan linguistik.Analisis linguistik membantu menemukan makna sebenarnya di balik fakta, sedangkan analisis konseptual berfungsi sebagai alat untuk menemukan makna kata-kata yang dianggap gagasan utama atau penting.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ghufron, A. (2011). Desain kurikulum yang relevan untuk pendidikan karakter. Cakrawala Pendidikan, 30(1), 52-63.
Simanjuntak, J. M. (2014). Implikasi Konsep Dan Desain Kurikulum Dalam Tugas Pembinaan Warga Jemaat. Jurnal Jaffray, 12(2), 251-272.
Muslam, H. (2018). Globalisasi Dalam Pendidikan (Desain Kurikulum Yang Harus Dikembangkan Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi). Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 12(1), 3-12.
Farchan, A., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan desain kurikulum maritim di Jepara. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 27-36.
Manalu, D., & Purba, B. (2023). Desain Kurikulum Sekolah Minggu Menggunakan Subject-Centered Design. Jurnal Teologi Berita Hidup, 6(1), 281-295.
Hidayati, A. (2014). Desain kurikulum pendidikan karakter.
Fauzan, M. A., & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21. Prenada Media.
Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum pendidikan Islam berbasis tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118-134.
Mubarak, H. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com.
Zakariyah, Z., Arif, M., & Faidah, N. (2022). Analisis Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Abad 21. AT-TA'DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 1-13.
Sanjaya, W. (2011). Kurikulum dan pembelajaran: Teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
Reksoatmodjo, T. N. (2010). Pengembangan kurikulum pendidikan: teknologi dan kejuruan.
Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain Pengembangan Kurikulum. Islamika, 2(2), 208-226.
Fatmawati, E., & Pd, M. (2015). Profil Pesantren Mahasiswa; Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. LKIS Pelangi Aksara.
Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Prenada Media.
Fauzi, M. I. (2020). Pemanfaan Neurosains Dalam Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(1), 1.
Nurcholiq, M. (2019). Desain pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah unggulan di era revolusi industri 4.0. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 208-222.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.
Maspupah, U. (2018). Pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 13(1), 133-135.
Oemar, H. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda.
Sugiana, A. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pedagogik,, 5, 02.
Sukiman. (2015). Pengembangan Kurikulum Perguruan tinggi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. . Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i1.10473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License