PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA ANAK USIA DINI DALAM MEREKONTRUKSI MORAL MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS PERSPEKTIF SDGS 2030
Abstract
Peningkatan literasi digital pada anak usia dini sangat penting dalam menghadapi era digital saat ini. Literasi digital tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan keterampilan teknologi, tetapi juga berperan dalam merekonstruksi moral anak-anak menuju pendidikan berkualitas perspektif SDGS 2030. Strategi untuk meningkatkan literasi digital melibatkan pendidikan berkualitas, promosi literasi sejak dini, akses terhadap bahan bacaan, kampanye gemar membaca, pemanfaatan teknologi, pemberdayaan komunitas, dan hubungan antara literasi digital, moral, dan pendidikan berkualitas. Pemerintah dan lembaga pendidikan perlu fokus pada pendidikan untuk semua dan peningkatan kualitas pendidikan, termasuk melalui peningkatan literasi digital bagi generasi Z. Literasi digital dapat membantu dalam pengembangan moral dan keterampilan yang relevan untuk masa depan. Penelitian dan artikel terkait juga memberikan wawasan tentang pentingnya literasi digital dan strategi meningkatkan literasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adha, M. M., & Mentari, A. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Moralitas Peserta Didik. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 59-67.
Dewi, N. N. A. S., Aristawati, N. P. W., Sriani, N. M., Astini, N. P. T., & Mitariani, N. W. E. (2023). Meningkatkan Literasi Digital Bagi Generasi Z Untuk Mewujudkan Generasi Emas. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 1-11.
Fatimah. (2020). Literasi Digital dan Hubungannya Terhadap Perilaku Anak Usia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 28-32.
Hidayah, N., Santika, D., Ummi, Z., Arifin, R., & Rifani, S. (2023, March). The Role of Islamic Economics in Sustainable Development Goals. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (pp. 1541-1548).
Kawuryan, S. P., A. Sayuti, S., & dkk. (2021). Teachers Quality and Educational Equality. International Journal of Instruction, 14(2), 812
Murtasidin, B., & Nugroho, A. Y. (2023). Penghidupan Berkelanjutan dan Dinamika Batasan Penghidupan Masyarakat Miskin Perkotaan di Wilayah Kampung Tambora Jakarta. Journal of Political Issues, 4(2), 91
P, W. by G., & P, G. (n.d.). Literature review : Pengertian, Metode, Manfaat, Dan Cara membuat. Retrieved from https://www.gramedia.com/literasi/literature-review/ .(diakses 8 Mei 2024)
Ramadhan, A. (2023). Optimalisasi Literasi Digital Terhadap Generasi Z dan Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGs 2030. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 161-167.
SAMPOERNA ACADEMY. (2022, Desember 2). Pentingnya Mengenalkan Literasi Digital ke Anak. Diambil kembali dari https://www.sampoernaacademy.sch.id/id/pentingnya-literasi-digital/# (diakses 8 Mei 2024)
Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa. (2023, Oktober 10). Manfaat dan Strategi Meningkatkan Literasi. Diambil kembali dari Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa: https://ybkb.or.id/manfaat-dan-strategi-meningkatkan-literasi#:~:text=Mengenalkan%20kebiasaan%20membaca%20sejak%20dini,dengan%20usia%20dan%20minat%20mereka. .(diakses 8 Mei 2024)
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i1.10828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License