PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTION LEARNING BY ANALOGY CRITICAL LOGICAL THINKING PADA PROSES MENYIMAK MAHASISWA KELAS D PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS SILIWANGI ANGKATAN 2023

Wildan Aldiansyah

Abstract


Penggunaan model pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan hasil yang diharapkan. Tetapi, tak jarang juga banyak sekali peserta didik yang kurang fokus pada saat kegiatan pembelajaran dikarenakan adanya ketidaksesuaian model pembelajaran yang diterapkan oleh tenaga pendidik. Dalam prosesnya, tentu sebuah model pembelajaran tidak terlepas dari metode sebagai pendukung berjalannya kegiatan pembelajaran supaya mencapai hasil yang diinginkan. Sehingga, memilih model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk kelancaran proses pembelajaran. Selain itu, kegiatan menyimak tidak luput terlibat dalam kegiatan pembelajaran sebagai tolok ukur sejauh mana mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan. Keterampilan menyimak peserta didik yang baik sangat diperlukan untuk mencapai hasil dari proses pembelajaran yang telah direncanakan. Karena semakin baik kemampuan menyimaknya, maka semakin dalam pemahamannya dalam mencerna sebuah informasi yang diberikan. Melalui permasalahan tadi, maka penerapan model pembelajaran “Action Learning by Analogy Critical Logical Thinking” melalui metode analogi dan studi kasus bertujuan untuk memperkuat kemampuan menyimak mahasiswa dengan mengintegrasikan pembelajaran inovatif yang mendorong pemikiran kritis dan berpikir logis melalui analogi. Dengan pendekatan analogi, peserta didik dapat memperdalam pemahaman dan analisis terhadap bahan yang disimakkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik secara signifikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan model pembelajaran yang inovatif dalam proses penyampaian materi untuk meningkatkan keterampilan menyimak mahasiswa.

Keywords


Model Pembelajaran, Menyimak, Analogi, Tenaga Pendidik, Peserta Didik.

References


Facione, PA. 2010. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assesment. 1-24.

Fathurohman, A. (2014). Analogi dalam pengajaran fisika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 74-77.

Filsaime, DK. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis & Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Jejen Mustafah. 2016. Tips Menulis Karya Ilmiah: Makalah, Penelitian, Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Jakarta: Kencana.

Koentjaraningrat. (1981). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Mirdad, J. 2020. Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.

Nurjamal, Daeng, dkk. 2011. Terampil Berbahasa Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta.

Pupuh Faturrohman & Sobry M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama.

Riani, I. F, Sulaiman, S., & Mislinawati, M. (2017). Kendala Guru Dalammenerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Acehkendala Guru Dalammenerapkan Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Kota Banda Aceh. Elementary Education Research, 2(2).

Sudarti, D. O. (2019). Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Tarbawi, 16(2).




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i1.10984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License