PENDIDIKAN INKLUSIF: MEMAHAMI TANTANGAN DAN PERMASALAHAN WARGA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah memberikan definisi yang penting mengenai konsep "warga belajar" atau peserta didik di luar lembaga pendidikan formal. Warga belajar adalah anggota masyarakat yang aktif mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada berbagai jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Mereka memiliki motivasi intrinsik untuk belajar, memiliki semangat untuk mengembangkan bakat dan minat, serta siap memenuhi kebutuhan belajar di lingkungan pendidikan non formal. Penjelasan ini menggambarkan bahwa warga belajar adalah individu yang menjadi fokus dalam kegiatan pembelajaran di luar konteks pendidikan formal, dan mereka dituntut untuk mengikuti program pembelajaran sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan pribadi untuk mencapai potensi optimal.
Di samping itu, pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan potensi diri individu serta masyarakat secara luas, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Undang-undang ini menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan peserta didik aktif mengembangkan potensi mereka.
Namun, tanpa disadari permasalahan yang dihadapi oleh warga belajar dalam konteks pendidikan nonformal merupakan hal yang penting untuk dipahami dan diatasi. Permasalahan-permasalahan warga belajar dapat dilihat dari segi karakteristik warga belajar, gaya belajar dan strategi pembelajaran, sarana prasarana, lingkungan keluarga, ekonomi dan kurang optimalnya fasilitator dalam segi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
(N.d.). Https://Bpkpenabur.or.Id. Retrieved March 29, 2024, from https://bpkpenabur.or.id/news/blog/kenali-ciri-gaya-belajar-visual-dan-pengertiannya-untuk-anak-anak
(PP RI). 1991. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 1991 Tentang Pendidikan Luar Sekolah. Indonesia
(UU RI). 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia.
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).
Bisi, M., & Sumaryoto, S. (2023). Pengaruh Kemampuan Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 92-100.
Bisyaroh, Z., & Brata, D. P. N. (2022). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Nonformal. In Prosiding Conference on Research and Community Services, 4(1), 434-443. https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/CORCYS/article/view/2652. [27 Maret 2024].
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik.
Hasbullah, H., Juhji, J., & Maksum, A. (2019). Strategi belajar mengajar dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 17-24.
Hidayat, D. (2016). Strategi pembelajaran partisipatif dalam meningkatkan hasil program pendidikan nonformal di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education, 2(1).
Hidayat, M. A., Anwar, A., & Hidayah, N. (2017). Pendidikan non formal dalam meningkatkan keterampilan anak jalanan. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 1(1), 31-42.
Isnaini, N., Yahya, F., & Sabri, M. (2021). Peran manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI NW 1 Kembang Kerang. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 1(1), 1-10.
Latipah, E. (2017). Pengaruh strategi experiential learning terhadap self regulated learning mahasiswa. Humanitas, 14(1), 41.
Maâ, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 35(1), 31-46.
Maf’ullah, S., & Atmaja, I. K. (2013). Analisis Karakteristik Warga Belajar dalam Pengembangan Program Pembelajaran Keaksaraan Fungsional di PKBM Sanggar Belajar Yalatif Diwek Jombang. UNESA Journal, 1-11.
Masri, A. N., Supriyanto, A., & Sobri, A. Y. (2022). Analisis Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan untuk Menunjang Kegiatan Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(1), 31-42.
Nofita, N. A. (2013). Hambatan–hambatan warga belajar dalam proses pembelajaran program paket c di Kecamatan Pancung soal Kabupaten Pesisir Selatan. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 144-160.
Novianti, W., Siddik, R. R., Suherman, M. M., & Pahlevi, R. (2023). Efektivitas Metode Dialog Sokratik untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 332-339.
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Puspitasari, A. D., & Ysh, A. S. (2023). PERAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN UNTUK PERSIAPAN AKM DI SDN PAGEJUGAN 01 KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 19-31.
Ristiyani, E. A., Nurpratiwiningsih, L., & Triputra, D. R. (2022). Kendala Wali Murid dalam Pendampingan Belajar Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(02), 116-112.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41-53.
Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076-4084.
Sujarwo, D., & Pd, M. (2012). Strategi Pembelajaran Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.
Suriyani, S., Napitupulu, A.P., Armyliyanda, N., & Emayanti, M. (2021). Peluang, Tantangan dan Problematika Pendidikan Luar Sekolah. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 284-291. https://doi.org/10.56832/edu.v1i2.103. [27 Maret 2024].
Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wandini, R. R. (2018). Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Raudhah, 6(1).
Yakub, Y. (2020). Pendidikan informal dalam prespektif pendidikan Islam. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(01), 92-103.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i1.11047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License