ANALISIS DAMPAK PERILAKU PERUNDUNGAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Dari penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas 3 SDN 2 Windusengkahan dapat disimpulkan bahwa terdapat perilaku perundungan yang melibatkan 4 orang siswa perempuan dan 1 orang siswa laki-laki di kelas 3. Bentuk perundungan yang terjadi meliputi kontak verbal langsung kontak non-verbal langsung, dan kontak non-verbal tidak langsung. Faktor penyebab perundungan adalah rasa ingin berkuasa atau mendominasi teman lain, serta kepuasan tersendiri bagi pelaku perundungan. Korban perundungan mengalami perasaan sakit hati, merasa takut untuk melawan, dan hanya diam serta pasrah terhadap perlakuan buruk tersebut. Perilaku perundungan berdampak signifikan pada dimensi kecerdasan interpersonal siswa, meliputi: Kepekaan sosial (kurangnya empati dan sikap pro-sosial), Wawasan sosial (kesulitan kesadaran diri, pemecahan masalah, pemahaman situasi sosial, dan etika sosial) Komunikasi sosial (kesulitan berkomunikasi dan mendengarkan secara efektif).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i1.11441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License