ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM BUDAYA SEKOLAH DI SD NEGERI 2 WINDUSENGKAHAN
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya akhlak dan moral peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai karakter dalam budaya sekolah di SD Negeri 2 Windusengkahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif, adapun untuk pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan objektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam budaya sekolah di SD Negeri 2 Windusengkahan terdapat nilai karakter profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebhinekaan global, gotong royong, dan mandiri.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewi, A. D., Azizah, N. W. (2022). PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DAPAT MEMPENGARUHI GAYA ANAK MUDA DAN ETIKA PANCASILA PADA MASYARAKAT INDONESIA. Jurnal Kewarganegaraan. Vol. 6. No. 1.
Hamami, T., Nizary, A. M. (2020). Budaya Sekolah. AT-TAFKIR: Jurnal Pendidikan, Hukum dan Sosial Keagamaan. Vol. 13. No. 2.
Rusdiansyah. (2020). Pendidikan Budaya: Di Sekolah dan Komunitas/Masyarakat. IQRO: Journal of Islamic Education. Vol. 3. No. 1. Hal. 45-58.
Siregar, R. F. (2017). Nilai-nilai Budaya Sekolah dalam Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak. Vol. 1. No. 1.
Yati, R. (2021). PERMASALAHAN KRISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.11545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License