PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI CIJOHO TAHUN AJARAN 2024/2025)

widi Viergiawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Cijoho Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif mencari dan mencocokan pasangan kartu soal dan jawaban sehingga dapat membentuk siswa aktif, mandiri, bekerja sama, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran number head together dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan (Gain) hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran number head together. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan objek penelitian yaitu di SDN Cijoho dengan sampel pada kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif (Pretest-Posttest). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia SDN Cijoho Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan.

Keywords


Hasil Belajar, Model Make a Match

References


Ahsan, N. (2020, July). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 4, pp. 130-141).

Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. H., Hapsari, B., & Daniar, A. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 195-218.

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.

Caswati, C. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 3 Kertasura. Js (Jurnal Sekolah), 6(3), 1-5.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Eliyanti, M. (2018). Pengembangan pembelajaran aktif menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (Pjbl) dalam pembelajaran bahasa sastra Indonesia di kelas rendah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1).

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Fiteriani, I. dan Baharudin. (2017). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 4, Nomor 2, Oktober 2017: Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi pada Materi Ipa Di Min Bandar Lampung.

Fitri, A., & Dewi, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Math terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 280-287.

Handayani, E. S., dan Subakti, H. (2021). Jurnal Basicedu. Volume 5, Nomor 1, Tahun 2021: Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.

Hanggara, A. dan Darsih, E. (2018). Dasar Statistika (Manual dan SPSS). Bandung: Mujahid Press.

Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38-48.

Ikbal, M. S., & Qaddafi, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(1), 67-74.

Insiyah, PS, Maftuh, A., & Zahrah, RF Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Dalam Studi Sosial, Humaniora, dan Pendidikan (SHES): Seri Konferensi (Vol. 2, No. 2, hlm. 126-130).

Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Lase, M. T., & Lase, N. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 6 Lahewa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3).

Lovisa, E. (2018). SPEJ (Science and Phsics Education Journal). Volume 2, Nomor 1, Desember 2018: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar.

Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80-85.

Maulida, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Koperasi Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Inpres Lanraki 2 (Disertasi Doktor UNIVERSITAS BOSOWA).

Maulida, I. S., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 82-90.

Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Natural Science Education Research, 2(1), 33-39.

Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.

Nurwadani, P. A., Syarifuddin, S., Gunawan, G., & Dusalan, D. (2021). Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 25-38

Prasetyo, Y., & Winarno, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas IV SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 280-290.

Purwanto, (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanza, S. W. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi. CV. Media Sains Indonesia.

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617-623.

Putri, S. A., & Pranata, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1002- 1010.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2237-2244.

Rasul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Yapis Timika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 11.

Ratnawulan, E. dan Rusdiana (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Ririantika, R., Usman, M., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). Penerapan model pembelajaran tipe “make a match” terhadap hasil belajarbahasa indonesia. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1-6.

Rodesia, T. S. A. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Penggunaan Antibiotika Bagi Masyarakat Rt 04-05 Rw 05 Cawang Terhadap Peranan Teknologi Informatika Sebagai Media Informasi (Doctoral dissertation, Universitas Binawan).

Rohmah, M., & Firmansyah, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Kelas X Mia Sma Wahidiyah Kediri. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168-177.

Suriyanti, Y., Marganingsih, A., & Gelang, N. A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Mendengarkan Penjelasan Tentang Simbol. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 211-221.

Susanto, A., & Fatullah, A. (2018, Juli). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1-15.

Trisnawati, P. E., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 101-109.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AlFathonah, 1(1), 342-351.

Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140-147.Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140-147.

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.12776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License