PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (STUDI QUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI CIJOHO TAHUN AJARAN 2024/2025)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahsan, N. (2020, July). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 4, pp. 130-141).
Amalia, L., Astuti, D. A., Istiqomah, N. H., Hapsari, B., & Daniar, A. S. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif. Cahya Ghani Recovery.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 195-218.
Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.
Caswati, C. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 3 Kertasura. Js (Jurnal Sekolah), 6(3), 1-5.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).
Eliyanti, M. (2018). Pengembangan pembelajaran aktif menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek (Pjbl) dalam pembelajaran bahasa sastra Indonesia di kelas rendah. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1).
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.
Fiteriani, I. dan Baharudin. (2017). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Volume 4, Nomor 2, Oktober 2017: Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasi pada Materi Ipa Di Min Bandar Lampung.
Fitri, A., & Dewi, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Math terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 280-287.
Handayani, E. S., dan Subakti, H. (2021). Jurnal Basicedu. Volume 5, Nomor 1, Tahun 2021: Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.
Hanggara, A. dan Darsih, E. (2018). Dasar Statistika (Manual dan SPSS). Bandung: Mujahid Press.
Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38-48.
Ikbal, M. S., & Qaddafi, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match Terhadap Motivasi Belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(1), 67-74.
Insiyah, PS, Maftuh, A., & Zahrah, RF Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Dalam Studi Sosial, Humaniora, dan Pendidikan (SHES): Seri Konferensi (Vol. 2, No. 2, hlm. 126-130).
Janna, N. M. (2020). Variabel dan skala pengukuran statistik.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.
Lase, M. T., & Lase, N. K. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 6 Lahewa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3).
Lovisa, E. (2018). SPEJ (Science and Phsics Education Journal). Volume 2, Nomor 1, Desember 2018: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar.
Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80-85.
Maulida, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Koperasi Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Membaca Siswa Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Inpres Lanraki 2 (Disertasi Doktor UNIVERSITAS BOSOWA).
Maulida, I. S., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 82-90.
Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Natural Science Education Research, 2(1), 33-39.
Nourhasanah, F. Y., & Aslam, A. (2022). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129.
Nurwadani, P. A., Syarifuddin, S., Gunawan, G., & Dusalan, D. (2021). Hubungan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 2(1), 25-38
Prasetyo, Y., & Winarno, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas IV SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 280-290.
Purwanto, (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanza, S. W. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi. CV. Media Sains Indonesia.
Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 617-623.
Putri, S. A., & Pranata, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1002- 1010.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2237-2244.
Rasul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Yapis Timika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 11.
Ratnawulan, E. dan Rusdiana (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Ririantika, R., Usman, M., Aswadi, A., & Sakkir, G. (2020). Penerapan model pembelajaran tipe “make a match” terhadap hasil belajarbahasa indonesia. Cakrawala Indonesia, 5(1), 1-6.
Rodesia, T. S. A. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Penggunaan Antibiotika Bagi Masyarakat Rt 04-05 Rw 05 Cawang Terhadap Peranan Teknologi Informatika Sebagai Media Informasi (Doctoral dissertation, Universitas Binawan).
Rohmah, M., & Firmansyah, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom Kelas X Mia Sma Wahidiyah Kediri. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 3(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168-177.
Suriyanti, Y., Marganingsih, A., & Gelang, N. A. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Mendengarkan Penjelasan Tentang Simbol. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 211-221.
Susanto, A., & Fatullah, A. (2018, Juli). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1-15.
Trisnawati, P. E., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 101-109.
Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AlFathonah, 1(1), 342-351.
Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140-147.Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 140-147.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.12776
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License