Penggunaan Metode Show and Tell Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Siswa SD Kelas IV (Studi Quasi Eksperimen di SD Negeri 2 Purwawinangun Pada Muatan Bahasa Indonesia)
Abstract
Latar belakang penelitian ini karena siswa masih kesulitan memahami bacaan yang disampaikan oleh guru, siswa juga kesulitan menjawab pertanyaan- pertanyaan yang sekiranya dapat diambil dari bahasa lisan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode show and tell terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa SD kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan nonequevalent control group design. Instrumen dalam penelitian ini ialah lembar observasi, dan soal tes uraian. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwawinangun yang berjumlah 44 orang (kelas IV.A sebanyak 22 siswa dan kelas IV.B sebanyak 22 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data serta pengujian hipotesis dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) terdapat perbedaan keterampilan menyimak antara siswa yang menggunakan metode Show and Tell dengan siswa yang menggunakan metode tanya jawab, dan (2) terdapat peningkatan keterampilan menyimak siswa yang menggunakan metode Show and Tell dengan yang menggunakan metode tanya jawab.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.12829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License