PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN PHET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI RANGKAIAN LISTRIK KELAS V SDMUHAMMAIYAH MERTOSANAN

sriana chelfira endhiany

Abstract


Penelitian ini menerapkan model pembelajaran eksperiential learning berbantuan media Physics Education Technology (PhET) dalam proses pembelajaran disekolah, yang berlandaskan pada teori belajar melalui pengalaman atau kegiatan nyata. PhET. Dalam model pembelajaran eksperiential learning terdapat 4 tahapan sebagai berikut: (1) Concrete experience (pengalaman kongkret), (2) Relectve observation (observasi refleksi), (3) Abstrac conseptualisation (konseptualisasi abstrak), (4) Active experimental (percobaan aktif). PhET merupakan software pembelajaran dari Universitas Colorado. Simulasi yang disediakan sangat interaktif yang mengajak pembelajar untuk mengeksplorasi secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD Muhammadiyah Mertosanan tahun ajaran 2024/2025 pada mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi rangkaian listrik dengan menerapkan model pembelajaran eksperiential learning berbantuan media PhET. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 peserta didik dengan rincian 11 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan McTaggart dimana terdapat empat fase untuk setiap siklus: Persiapan, Pelaksanaan, Penilaian, Refleksi. Data dikumpulkan berdasarhkan hasil observasi dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran eksperiential learning dengan berbantuan media PhET dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan yaitu dengan rata-rata nilai peserta didik 42,27 pada siklus I menjadi 84.54 pada siklus II. Selain itu, model eksperiential learning berbantuan media PhET juga terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif dan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran, terutama dalam memahami cara kerja rangkaian listrik.

 




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.12831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License