PENGARUH SERTIFIKASI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GURU PJOK MENURUT PERSEPSI SISWA (Studi pada SMA Negeri di Kota Tasikmalaya)

Cucu Hidayat, Gumilar Mulya, Resti Agustryani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap pengaruh sertifikasi  terhadap efektivitas pembelajaran guru pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan (PJOK) SMA Negeri di Kota Tasikmalaya berdasarkan persepsi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif..Objek penelitian adalah  guru-guru PJOK yang mengajar pada SMA Negeri dan sebagian siswa putera - puteri SMAN kelas I, II dan III di Kota Tasikmalaya-Jawa Barat. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data penelitian menunjukkan bahwa: a). Berdasarkan Persepsi siswa, guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada SMA Negeri di Kota Tasikmalaya memiliki tingkat efektivitas yang tinggi bahkan sangat tinggi. b). Dari ke tujuh dimensi ciri guru PJOK yang paling efektif berdasarkan persepsi siswa adalah dimensi “Kepemimpinan†merupakan dimensi yang paling tinggi efektivitasnya dalam pembelajaran. Disusul kemudian Dimensi Keterampilan yang dimiliki, dimensi keadilan dan kejujuran, selanjutnya kesabaran, antusias (semangat), pengetahuan guru tentang mata pelajaran.  Adapun dimensi yang paling rendah efektivitasnya di antara tujuh dimensi lainnya adalah “minat terhadap siswaâ€.

Full Text:

PDF 9-20

References


Adisasmita, Yusuf. 1989. Hakekat, Filsafat dan Peranan Pendidikan Jasmani dalam Masyarakat. Jakarta. PPLPTK. Dirjen Dikti-Depdikbud.

Arends, Richard I., 1997. Classroom Instruction and Management. New York. The Mc. Graw-Hill Companies, Inc.

Arikunto, Suharsimi, 1993. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara.

Bucher, A. Charles dan Krotee, March L., 1993.Management Of Physical Education And Sport. Tenth Editition. Toronto, Mosby-Year Book, Inc.

Bucher, Charles A., 1983. Foundation Of Physical Education And Sport. Ninth Edition, The C.V. Mosby Company.

Hurlock, Elizabeth B, 1996. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan. Terjemahan Istiwidiyanti dan Soedjarwo. Jakarta, Gelora Aksara Pratama.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v1i1.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License