Profil Science Motivation Siswa SMA

Riyadhotus Sholihah, Joko Siswanto, Fenny Roshyanti, Ary Susatyo Nugroho

Abstract


Revolusi indutri 4.0 merubah pola pikir dan perilaku manusia modern, perubahan tersebut perlu diimbangi dengan adanya Sumber Daya Manusia yang memiliki kemampuan komunikasi, kolaboratif, berpikir kritis, kreatif dan inovatif melalui Pendidikan yang mendorong motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil science motivation siswa kelas X IPA SMA N 16 Semarang dengan jumlah sampel 100 siswa. Science Motivation adalah keadaan internal yang membangkitkan, mengarahkan, dan memelihara perilaku berorientasi pada harapan. Metode yang digunakan observasi dengan penyebaran angket dan wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan profil science motivation siswa kelas X IPA di SMA N 16 Semarang tergolong sedang dengan frekuensi 45 dan presentase 45%. Berdasarkan data tersebut  maka perlu adanya peningkatan dalam motivasi belajar siswa melalui lingkungan, guru, keluarga dan faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dibutuhkan peran guru dalam meningkatkan Science Motivation siswa SMA N 16 Semarang, selain itu sekolah perlu melakukan pendataan peminatan siswa berdasarkan harapan yang akan dicapai oleh siswa tersebut guna meningkatkan semangat belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Anjarsari, D., Roshayanti, F., & Rofian, R. (2019). ANALISIS “SCIENCE MOTIVATION†SISWA SD SE-KECAMATAN PULOKULON, GROBOGAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 387-395.

Badan Pusat Statistika. 2019. Potret Pendidikan Statistika Pendidikan 2019.

Bandura, A. 2005. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freemanand Company

Fitri, L., & Roshayanti, F. (2017, January). ANALISIS SCIENCE MOTIVATION (Aspek SMQ II) SISWA MA SE-KABUPATEN KUDUS TAHUN AJARAN 2015/2016. In SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2016.

Fitri, Lutfinathul. (2016). Analisis “ Science Motivation†Siswa MA Se-Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Gentner, D. (1983). Structure-Mapping: A Theoretical Framework for Analogy. Cognitive science, 155-170.

Ghufron, M. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasionla dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasi Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat , 332-337.

hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id [ 1 - 01 -2020]

Hastuti, P. W. (2013). Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA SMP. In Makalah disajikan dalam Seminar Nasional MIPA.

Kaygin, E., & Gulluce, A. C. (2013). The relationship between career choice and individual values: A case study of a Turkish University. International Journal of Humanities and Social Science, 3(3), 119-134.

Kompri. (2011). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Ssiwa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71-94.

OECD. 2015. Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2015

OECD. 2018. PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II, & III

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 22-27.

Sardiman, A. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Shibusa, H., and Keraro, F,N. 2009. Using Advance Organizers to Enhance Students' Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol. 5 (4): 413-420

Shin, S., Ha, M., & Lee, J. K. (2016). The development and validation of instrument for measuring high school students' STEM career motivation. Journal of the Korean Association for Science Education, 36(1), 75-86.

Sinambela, P. N. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Suwardana, H. (2017 ). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental . JATI UNIK, 102-110.

Widhy, P. (2013). Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA SMP. In Seminar Nasional MIPA.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v6i1.1536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License