PENGEMBANGAN MODEL ALAT PENINGKATAN KEKUATAN OTOT LENGAN DAN OTOT TUNGKAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Iis Marwan, Deni Setiawan, Ida Wahidah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan alat/peralatan olahraga yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan otot tungkai siswa sekolah dasar kelas atas (kelas IV, V dan VI). Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development atau disingkat R&D), dari (Borg and Gall;  (1989). Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk yang akan digunakan dalam pendidikan melalui proses yang ilmiah yang diakhiri dengan tahapan validasi. Tempat pelaksanaan penelitian di Sekolah Dasar Al-Falah Kota Tasikmalaya. Jumlah sampel uji coba sebanyak 30 siswa. Setelah terbentuknya produk selanjutnya diuji cobakan dan diukur menggunakan tes baku. Alat ukur terdiri atas hand grift dynamometer, pull and push dynamometer, pull up tes, vertical jump tes, dan leg dynamometer. Hasil penelitian ini dibuatnya 10 (sepuluh) macam model untuk meningkatkan kekuatan otot untuk siswa sekolah dasar. Sebanyak 5 (lima) macam untuk kekuatan otot lengan dan 5 (lima) macam untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai. Hasil uji coba menunjukan peningkatan yang signifikan penggunaan model alat yang dikembangkan, artinya alat yang dibuat dan dikembangkan memiliki dampak yang positif terhadap peningkatan kekuatan otot lengan maupun otot tungkai. Disarankan kepada guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat menggunakan model alat ini dalam proses pembelajaranya untuk meningkatkan kekuatan otot lengan, dan otot tungkai bagi siswa sekolah dasar kelas IV, V dan VI.

Full Text:

PDF 41-52

References


Borg, W. R. Dan Gall, M. D., 1989. Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Budiarto, Eko, 2009. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi 3. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Garuda Mas, 2000. Pemanduan dan Pembinaan Bakat Usia Dini, Komisi Olahraga. Jakarta. Kemenpora.

Heinich, Molenda, 2012. Instructional Media and Technology for Learning. Upper Saddle Rive. NJ: Pearson Education, Inc.

Irianto. Pekik. Djoko., 2004. Bugar dan Sehat Dengan Olahraga. Yogyakarta : Andi Offset

Lengkana, Anggi Setia, 2013. Pengaruh Kdis Athletics Terhadap Sel-Esteem dan Kebugaran Jasmani (Studi Expast Facto pada Siswa Sekolah Atletik Pajajaran). Bandung. UPI.Edu

Luta, Rusli, 2011. Azas-Azas Pendidikan Jasmani, Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar, Jakarta, Depdiknas

Marwan, Iis., 2012. Learning With Single Stance Pencak Silat Method Of Computer Based Training (CBT) Konferensi Internasional “The Role anda Contribution of Sport and Sportsciences in Enchancing a Better Quality of Life†Kerjasama antara Universitas Negeri Padang dan University Kebangsaan Malaysia, Tanggal 12-13 September 2013, Universitas Negeri Padang.

Mutohir, Toho Cholik, 2007. Sport Development Index (konsep, metodologi, dan aplikasi). Jakarta: PT. Indeks

Mylsidayu, Apta, 2011. Pengembangan Tes Keterampilan Bola Basket untuk Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal. IPTEK Olahraga Volume 13, Nomor 1, Januari-April 2011.

Noviawan, Azan and Johanes, Safri and Herman, Lusa, 2013. Hubungan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Servis Atas Bola Voli Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 84 Bengkulu Selatan. Undergarduated Thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Peterson, C., 2004. Character Strength and Virtus, A Handbook and Classification. American Psychological Association. New York: Oxford University Press.

Sajoto, M., 1995. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung. Alfabeta.

Sujadi, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Supardi, 2013. “Korelasi Panjang Lengan, Kekuatan Otot Lengan, Otot Tungkai Dan Kelentukan Otot Punggung Terhadap Kemampuan Tolak Peluru “Hasil Penelitan: Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi – Jurusan : Jasmani Kes. & Rekreasi –Fakultas: Ilmu Keolahragaan, Semarang, Unnes

Mutohir, T. Cholik dan Lutan, Rush, 1996/1997. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta. BP3GSD, Dirjen Dikti-Depdikbud




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v1i1.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License