PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SD BERBASIS AKTIVITAS BUDAYA DAN PERMAINAN TRADISIONAL MASYARAKAT KAMPUNG NAGA

Ipah Muzdalipah, Eko Yulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potensi etnomatematika yang bisa dikembangkan dari permainan tradisional masyarakat Kampung Naga menjadi desain pembelajaran matematika yang bisa diterapkan pada pembelajaran siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Sumber data diperoleh dari masyarakat asli kampung naga yang terdiri dari anak-anak, orang dewasa, guide dan petugas adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beragam aktivitas budaya masyarakat Kampung Naga mengandung unsur-unsur matematika seperti membilang, mengukur, membuat rancang bangun bahkan permainan tradisional yang masih digemari anak-anak sampai saat ini. Potensi etnomatematika dari permainan tradisional masyarakat Kampung Naga yang terdiri dari congklak, galah dan pecle bisa dikembangkan sebagai konteks matematika yang bisa dikembangkan dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan permainan-permainan tradisional yang berkembang disana mengandung konsep-konsep matematika. Congklak mengandung konsep operasi hitung dan modulo, galah mengandung konsep peluang dan pengurangan dan penjumlahan. Sedangkan pecle mengandung konsep geometri, simetri lipat dan jaring-jaring bangun yang bisa dikembangkan ke dalam desain pembelaran matematika SD.

Full Text:

PDF 63-74

References


Julie, Hongki. 2011. Development Guided Reinvention Pricnciple In PMRI Approach In Use The Teacher Guide In Elementary School. Proceeding diterbitkan di UNY ISBN: 978-979-16353-7-0

Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi III). Yogyakarta: Rakeserasin

Spradley, James P. 1997. Metode Etnografi Muhadjir. Terjemahan Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana

Nursyahidah, F., Ilma, R., & Somakim. 2013. Supporting First Grade Student’s Understanding of Addition up to 20 Using Traditional Game. IndoMS-JME, Vol.4, No.2. Palembang: hal: 212 – 223.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v1i1.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License