KONTRIBUSI MOTIVASI BERDASARKAN LATAR BELAKANG SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Witri Nur Anisa, Ratna Rustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi  motivasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang sekolah pada  prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMA terhadap prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMK terhadap prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar yang diteliti pada mata kuliah Kalkulus 3. Sebelum angket diberikan kepada mahasiswa dengan latar belakang sekolah SMA dan SMK maka angket terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitas. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2014/2015 yang mengikuti Kalkulus 3. Sampel penelitian diambil lulusan SMK dan lulusan SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis diperoleh yaitu tidak terdapat kontribusi motivasi belajar berdasarkan latarbelakang sekolah terhadap prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMA tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa; Motivasi belajar mahasiswa lulusan SMK tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Latar Belakang Sekolah, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF 151-157


DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License