IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJELASKAN(EXPLANING SKILL) MAHASISWA SEBAGAI CALON GURU PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Ati Sadiah, Gugum Gumilar

Abstract


Seorang guru perlu memiliki keterampilan-keterampilan tertentu yang berbeda dengan profesi lainnya. Keterampilan menjelaskan (explaining skill) sebagai salah satu keterampilan guru yang perlu dilatihkan sejak masa perkuliahan. Oleh karena itu perkuliahan di program studi pendidikan ekonomi sebagaian besar menggunakan metode diskusi dan metode tanya jawab. Dalam metode diskusi mahasiswa dilatih untuk menyampaikan informasi atau pendapatnya, dalam metode tanya jawab juga demikian, mahasiswa dilatih untuk menyampaikan jawaban atau bertanya mengenai permasalahan- permasalahan. Dengan demikian akan banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih menjelaskan. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui dengan lebih jelas tentang kontribusi metode diskusi dan tanya jawab dalam meningkatkan keterampilan menjelaskan (explaining skill). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, sedangkan analisa data menggunakan analisa regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh kesimpulan bahwa  metode diskusi berkontribusi dalam meningkatkan  keterampilan  menjelaskan  mahasiswa  program studi  pendidikan ekonomi sebesar nilai r square yaitu 0,063 atau 6,3%. Metode tanya jawab berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan menjelaskan mahasiswaprogram studi pendidikan ekonomisebesar nilai r square yaitu 0,073 atau 7,3%, sedangkan metode diskusi dan metode   tanya   jawab   berkontribusi   secara   bersama-sama   dalam   meningkatkan keterampilan menjelaskan mahasiswa program studi pendidikan ekonomisebesar nilai r square yaitu 0,127 atau 12,7%

 Kata Kunci : Diskusi, Keterampilan menjelaskan, Tanya jawab.


Full Text:

PDF 220-225


DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License