Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Prodi Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Jawa Barat

Siti Rosmayati, Arman Maulana

Abstract


Penelitian ini menjelaskan bagaimana manajemen kurikulum dan sistem penilaian di prodi Sastra dan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Manajemen kurikulum merupakan salah satu keberhasilan dalam sistem penilaian tersebut meliputi peserta didik, tenaga pengajar yaitu dosen serta tenaga akademik lainnya yaitu yang berkaitan dengan kurikulum dan pemberian hasil standar kelulusan bagi peserta didik yang disini adalah mahasiswa untuk melanjutkan jenjangnya yaitu meraih setiap semesternya hingga kelulusannya untuk mendapatkan gelar S.Pd atau S.S dimana Prodi Sastra dan Bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung memiliki dua jalur akademik yaitu pendidikan dan nonpendidikan. Mengacu kepada latar belakang penelitian di atas, maka metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan salah satu cara yang diambil adalah  studi kepustakaan; artinya semua data yang dijadikan sebagai sumber informasi penelitian diperoleh dari data sekunder. Adapun hasil dari penelitian tersebut diperoleh beberapa temuan penelitian, di antaranya: 1) interpretasi hasil kurikulum dimana hal ini merupakan hasil penyempurnaan nilai perbaikan dan penyempurnaan kurikulum, 2) interpretasi hasil uji coba dimana dapat dilihat keefektifan dari kurikulum yang dipergunakan 3) sosok kurikulum yang efektif untuk prodi sastra dan pendidikan Bahasa Inggris. Sistem Penilaian Prodi Bahasa Inggris Persentase dari komponen-komponen itu tergantung pada kebijaksanaan dosen yang bersangkutan. Disamping itu, penilaian dibeberapa perguruan tinggi memiliki metode dan system pada konversi nilai. Metode penilaian ada dua macam yaitu metode PAN (Penilaian Acuan Normal) dan metode PAP (Penilaian Acuan Patokan). Metode penilaian mana yang dipakai,tergantung pada kondisi yang memenuhi persyaratan

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I., (1995), Media Pendidikan Suatu Pengantar, Pusat Pelayanan dan Pengembangan Media Pendidikan IKIP Bandung.

Abidin, HM., Tarikh: Artikel Suara Ulama 1/30/2001 7:02:36 PM, Hak Perempuan Menurut Pandangan Islam.

Ali, M., dan Rekan, (2007), Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Pedagogiana Press, UPI Bandung.

Anwar, (2007), Manajemen Pemberdayaan Perempuan, Perubahan Sosial Melalui Pembelajaran Vocasional Skills pada Keluarga Nelayan, Alfabeta, Bandung.

Arikunto, S., (2006), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Arikunto, S., (1988), Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., (1991), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, S, (2008), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), PT Bumi Aksara, Jakarta

Arikunto, S., dan Rekan, (2007). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Artasasmita, R., (1985), Pedoman Merencanakan Sistem Kuikulum dalam Latihan Pendidikan Luar Sekolah, Usaha Nasional, Surabaya.

Dameria, R., (2007), Pengelolaan Pembelajaran Bidang Studi di Lembaga Bimbingan Belajar sebagai Suplementer Pendidikan Formal, Sekolah Pasca Sarjana, Upi, Bandung

Dharma, A., (1998), Perencanaan Pelatihan, Pusdiklat Pegawai Depdikbud, Jakarta. Depdiknas RI., (2005), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta Depdiknas RI., (2003), Undang-Undang RI No. 20 Tahun 3003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional, Jakarta

Hadita, A., (2003), Peningkatan Keterampilan Perempuan di dalam Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Suatu Studi Deskriptif tentang Pemberdayaan Perempuan dalam Peningkatan Keterampilan Industri Rumah Tangga Bidang Pangan di Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut, Program Pasca Sarjana, UPI, Bandung.

Hakim, A., (2008), Efektivitas Proses Pembelajaran Pelatihan dalam Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Al-Shafa Institute Bandung, Sekolah Pasca Sarjana, UPI, Bandung

Hamalik, O., (1993). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Han, C., dan Isye Soentoro, (2004), Rias Pengantin, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Handayaningrat, S., (1981) Pengantar Studi Ilmu Administrasi Pendidkan, Bumi Aksara, Jakarta.

Hasan, ES., (2003), Pengelolaan Program Pendidikan Luar Sekolah, Untuk Tugas penyusunan Makalah, Program Pasca Sarjana UPI, Bandung

Hasan, ES., (2007), Strategi Menciptakan Manusia yang Bersumber Daya Unggul, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, UPI, Bandung.

Hasan, ES., (2008), Reoptimalisasi Manajemen Pendidikan Luar Sekolah dalam Konstalasi Teoritis dan Praktis, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, UPI, Bandung

Hikmat, H., (2006), Strategi Pemberdayaan Masyarakat, (Edisi Revisi), Penerbit Humaniora, Bandung.

Khaidir, A., Selasa 15 Pebruari 2005, Minangkabau Sebagai Basis Kultural Dan Pemberdayaan Perempuan.

Kindervatter, S., (1979), Non Formal Education as an Empowering Process, Amherst: Centre for International and Education.

Marbun, BN., (2003), Kamus Manajemen, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Mulyana, E., (2007), Model Tukar Belajar (Learning Exchange) dalam Pespektif Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Mutiara Ilmu, Bandung.

Moekijat, (1993), Evaluasi Pelatihan, Mandar Maju, Bandung.

Moleong, L J, (2000), Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosda Karya, Bandung. Nasution S., (1996), Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Tarsito, Bandung.

Naqiyah, N., (2005), Otonomi Perempuan, Bayu Publishing, Malang, Jawa Timur. Nawawi, H., (1986), Administrasi Pendidikan, Gunung Agung, Jakarta.

Nurdin, S., (2005), Dampak Pelatihan Otomotif terhadap Perolehan Kesempatan kerja yang Layak bagi Anak Jalanan di Panti Sosial Binaan Karya Marga Sejahtera Ciganjeng-Ciamis, Program Pasca Sarjana, UPI, Bandung.

Pardosi, (2007), Efektivitas Kegiatan Ekstra Kurikuler di Sekolah Dasar Negeri di Pekan Baru, UNRI, Pekan Baru, Riau,

Rustono, WS., (2005), Pelatihan Kecakapan Hidup Montir Elektronika dalam Pengembangan Kemandirian Pemuda Putus Sekolah di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tasikmalaya, Program Pasca Sarjana, UPI, Bandung.

Safuri, M., (2005), Evaluasi Program. Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat.

Yayasan Pengkajian Pendidikan Non Formal Indonesia Y-PIN Indonesia.

Saryoto, N., (2003), Tata Rias Pengantin Solo Putri, Meutia Cipta Sarana, Depok Utara.

Sedarmayanti, (2001), Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Mandar Madju, Bandung.

Siagian, S., (2003), Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Rineka Cipta, Jakarta. Simamora, H., (1995), Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE-YKPN, Yogyakarta. Steers, RM., (1985), Efektivitas Organisasi, Erlangga, Jakarta.

Sugiono, A., (2005), Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudjana, HD., (2001), Pendidikan Luar Sekolah, Wawasan, Sejarah, Perkembangan, Falsafah, Teori Pendukung, Falah Production, Bandung

Sudjana, HD., (2004) Manajemen Program Pendidikan, untuk Pendidikan NonFormal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Falah Production, Bandung.

Sudjana, HD., (2006), Evaluasi Program PLS, Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber daya Manusia, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v6i1.2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License