ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING

Ratna Rustina, Yeni Heryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pada langkah manakah mahasiswa mengalami kesulitan terbesar dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematik.  Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Angkatan 2016. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Analisis skor kesulitan berdasarkan batas kelulusan ideal. Berdasarkan Analisis data didapatkan bahwa kesulitan terbesar mahasiswa berada pada langkah ke empat yaitu memeriksa kembali hasil.


Full Text:

PDF 237-240

References


Rachmadi, Widdiharto. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta. [online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org/fasilitasi/22-diagnosis-kesulitan-belajar-maatematika-smp-Rachmadt.pdf. [6 Januari 2012]

.

Rosita, Ricca Cambera Nur. (2004). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Menurut Polya. [online]. Tersedia:http://mcdens13.files.wordpress.com/2010/03/bab-i-polya.doc. [6 Januari 2012]

Sumarmo, Utari. (2013). “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematikaâ€. Berpikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya .Bandung. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License