PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN OLAHRAGA FUTSAL

Abdul Narlan, Dicky Tri Juniar, Haikal Millah

Abstract


Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengungkapkan tingkat Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengungkapkan tingkat validitas dan reliabilitas tes keterampilan olahraga futsal dikalangan anak-anak sampai dewasa. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat validitas dan reliabilitas tes keterampilan olahraga futsal siswa SMA dan sederajat se-Tasikmalaya. Pada penelitian yang penyusun lakukan ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut untuk mencapai tujuan (fungsi validasi). Sampel yang diambil dengan cara pursfosif sampling karena ada beberapa kriteria yang ditentukan yakni, sekolah yang sering mengikuti even-even dan masuk dalam perempat final baik lokal maupun daerah. Hasil penelitiannya menunjukkan tingkat reliabelitas yang masih rendah tetapi tingkat validitas yang sudah rata-rata tinggi. Perlu di adakan kembali revisi instrumen untuk menghasilkan tes yang lebih baik lagi dengan minimal kategori sedang dalam hal reliabilitas dan validitasnya.


Full Text:

PDF 241-247

References


Ardianto, Muhammad. (2013). Kecemasan Pada Pemain Futsal dalam Menghadapi Turnamen. Universitas Negeri Surakarta. www.jogjapress.com/index.php/EMPATHY/article/viewFile/1546/884 (Diakses pada 28 Oktober 2015)

Komarudin. (2016). Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Lhaksana, Justinus. (2012). Teknik dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be Champion.

Marom, Muh. Husnul dan Fatkur Rohman. (2014). Kondisi Psikologis Pemain Futsal yang Pernah Mengalami Cedera dalam Kejuaraan Futsal Se-Kabupaten Tuban. Universitas Negeri Surabaya. http://ejournal.unesa.ac.id/article/13222/66/article.pdf, volume 2 nomer 2, 2014.

Morrow, et.al. (2005) Measurement and evaluation in human performance. Champaign IL: Human Kinetics.

Murhananto. (2008). Dasar-dasar permainan futsal. Jakarta: Kawah Pustaka.

Nurhasan dan Abdul Narlan. (2004). Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Universitas Siliwangi.

Purba R.W., Dian Ika dan Wara Kushartanti. (2014). Model Tes Keterampilan Dasar Futsal Bagi Pemain Kelompok Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta. http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2601 Volume 2-Nomer 1, 2014

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Widiastuti. (2011). Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : PT. Bumi Timur Jaya.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License