PERBANDINGAN MATHEMATICAL REASONING ANTARA MAHASISWA YANG DIBERI WELL STRUCTURED PROBLEM DAN ILL STRUCTURED PROBLEM

Dedi Nurjamil, Dian Kurniawan

Abstract


Penelitian yang berjudul “Perbandingan Mathematical Reasoning antara mahasiswa yang diberi Well Structured Problem dan Ill Structured Problemâ€, dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi Tasikmalaya, dalam mata kuliah Analisis Kompleks. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas E sebagai kelas eksperimen dengan pemberian Ill Structured Problem dan kelas F sebagai kelas kontrol dengan pemberian Well Structured Problem. Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Postest-only Control Design. Hasil Uji Statistik Mathematical Reasoning menggunakan One Way Anova menunjukkan nilai rata – rata kelas eksperimen 81,9 dan kelas kontrol 73,78 dengan F hitung 8,760 dan nilai probabilitas < 0,05 sehingga dapat dikatakan kedua pembelajaran tersebut berbeda secara signifikan. Kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan adalah kelas yang diberi Ill Structured Problem lebih baik dari kelas yang diberi Well Structured Problem.

Full Text:

PDF 232-236

References


Brodie, K. (2010). Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. New York : Springer.

Chen, J. dan Li X. (2015). Research on Solving Ill-Structured Problems for e-Learning: Cognitive Perspectives. International Journal of Information and Education Technology, Vol. 5, No. 12, December 2015.

Cheng, S. dan Siow, H.L. (2015). Enhancing Problem Solving Skills in Operational Research: The Well-structured Problem Case Study. World Review of Business Research Vol. 5. No. 3. September 2015 Issue. Pp. 61 – 79.

Creswell, J.W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Lynch, et al. (2009). Concepts, Structures, and Goals: Redefining Ill-Definedness. International Journal of Artificial Intelligence in Education 19(2009) 253 – 266 253 IOS Press.

Ministry of Education Singapore (MOE). (2007). Mathematics Syllabus Primary.

NCTM. (2003). NCATE/NCTM Program Standards (2003) Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. Tersedia : http://www.nctm.org/

Nunnely (1967). Psychometric Methods. New York : McGraw-Hill.

Polya, G. (1973). How To Solve It : A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey : Princenton University Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License