PERWUJUDAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA YANG APRESIATIF DI SMK KELAS XII

Titin Setiartin Ruslan

Abstract


Tujuan penelitian ini menjelaskan, dan memaparkan kesesuaian konsep inti kurikulum 2013 dengan Standar Kompetensi Lulusan di SMK Kelas XII. Kesesuai  standar kompetensi yang diarahkan pada Kompetensi keterampilan yang sesuai dengan standar industri (menyesuaikan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan dunia usaha dan industri di SMK kelas XII. Pembelajaran membaca apresiatif di SMK merupakan proses estetis-reseptif dengan menekankan kegiatan membaca kritisdan menulis kreatif. Hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan penelitian pengembangan dengan strategi campuran kualitatif-kuantitatif desain eksploratori subsekuensial. Data penelitian diolah menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji validasi  dengan pola macthing-pretest posttest. Hasil analisis uji-t antara prauji dan pascauji kelas uji coba terbatas,  uji coba meluas, dan uji validasi, menunjukkan perbedaan antara nilai prauji  dan pascauji pada  taraf perbedaan yang signifikasi Simpulannya ketiga tahap uji coba membuktikan terdapat perbedaan yang signifikan antara  prauji dan pascauji pada kelompok kontrol dan eksperimen.

Full Text:

PDF 282-289

References


Aminuddin. 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Brown, D. 2001. Principles of Language Learning and Teaching. Second Edition San Fracisco State University: Longman.

Culler, Jonatahan. 2000. Literary Theory A Verry Short Introduction. New York: by Oxford University Press Inc.

Depdiknas, 2013. Permendikbud, No 65 Tahun 2013 Tantang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

OECD. 2003. Literacy Skills for the World of Tomorrow: Further Results from PISA 2000. Canada: OECD.

OECD. 2004. Learning for Tomorrow’s World: First Results from PISA 2003. Canada: OECD.

OECD. 2007. PISA 2006: Sciences Competecies for Tomorrow’s World Volume 1 Analisys. Canada: OECD.

OECD. 2010. PISA 2009. Results: What Students Know and Can Do Volume 1 Canada: OECD.

Eagleton, Terry. 2008. Literary Theory An Introduction. (Teori Sastra Pengantar Komprehensif) (Edisi Terbaru). Terjemahan Harfiah Widyawati dan Evi Setyarini. Yogyakarta dan Bandung: Percetakan Jalasutra.

Pusat Kurikulum. 2006. Pengembang Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Puskur.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riffaterre, M. 1978. Semiotics of Poetry. ‘Penciptaan Teks’ Diterjemahkan Oleh Suminto A. Sayuti. London : Routledge & Kegan Paul.

Riffaterre, Michael. 1984. Semiotics of Poetry. Advances in Semiotics. General Editor. Thomas A. Sebeok. Bloomington: Indiana University Press.

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Educational Psychology. Buku1. Jakarta: Salemba Humanika.

Segers, Rien T. Evaluasi Teks Sastra. 2000. Diterjemahkan oleh Suminto A. Sayuti. Yogyakarta: Adi Cinta.

Setiartin, Titin. 2016. Transformasi Teks Cerita Rakyat ke dalam Bentuk Cerita Bergambar sebagai Model Pembelajaran membaca Apresiatif hal.389. Litera Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 15, Nomor 2, Oktober 2016.

Slavin, Robert E. 2011 Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jilid 1. Terjemahan. Jakarta: PT Indeks.

Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jilid 2. Terjemahan. Jakarta: PT Indeks.

Sumardjo, Jakob. Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB.

Wellek, R. dan Warren, A. 1956. Theory of Literature. New York: Harcout, Barance and Company.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i2.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License