STUDI COMPARATIF ANTARA MODEL EKSPOSITORY LEARNING DAN COOPERATIF LEARNING DALAM PERKULIAHAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiwa dalam pekuliahan perkembangan peserta didik dengan strategi pembelajaran expository learning, hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliahnya perkembangan peserta didik dengan model pembelajaran cooperative learning, hasil belajar mana yang lebih bagus antara pembelajaran dengan expository learning atau dengan cooperative learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2015/2016 yang mengikuti
perkuliahan perkembangan peserta didik sebanyak 4 kelas. Penelitian mengambil 75 orang mahasiswa untuk dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah osal Ujian Tengah Semester dan soal Ujian akhir semester. Analisis data menggunakan T test.
Â
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsudin. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Yatim Riyanto. 2008. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidikan Dalam implementasi Pembelajaran yang Efektif. Jakarta:
Kencana.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i2.414
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License