Pengembangan Video Ajar "Konsep Fluida Statis" Menggunakan Media Powtoon

Attin Farrini Cahyahatini, Annisa Mokoagow, Ayuni Ayuni, Muhammad Raflia, Rosminah Rosminah, Asep Saefullah

Abstract


Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan video pembelajaran sebagai media pembelajaran Powtoon yang sudah sesuai dengan kompetensi dasar konsep fluida statis (2) kelayakan produk berbentuk media pembelajaran yaitu video pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa SMP, dengan kompetensi dasar memahami konsep fluida statis. Terdapat 3 tahapan pada pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini , yaitu (1) tahap pembuatan konsep, yang terdiri dari analisis awal dan akhir serta pengumpulan bahan dan bahan pendukung; (2) Produk sering fase manufaktur, yang terdiri dari desain dan perakitan; (3) Tahap uji coba yang terdiri dari validasi oleh ahli. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif merupakan teknik analisis data yang dipakai , yaitu melalui analisis data kuantitatif yang didapatkan dari angket uji ahli. Data kuantitatif berbentuk angka-angka yang merupakan hasil dari perhitungan atau pengukuran yang diolah dengan menjumlahkan data nya kemudian dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan untuk mendapatkan persentase kelayakan.

Hasil dari penilaian kelayakan media pembelajaran berupa video pembelajaran untuk kompetensi dasar pada materi Fluida Statis ini adalah: (1) skor yang didapat pada penilaian dari ahli materi 1 sebesar 3,97, ahli materi 2 sebesar 4,5, serta ahli materi 3 sebesar 4,85; (2) skor yang didapat pada penilaian dari ahli media 1 sebesar 4,35 dan ahli media 2 sebesar 4,78; Berdasarkan hasil penilaian serta tanggapan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon untuk kompetensi dasar siswa IPA SMP terkait Konsep Fluida Statis ini layak untuk digunakan dan dikembangkan.


Keywords


Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Powtoon; Fluida Statis

References


Anggita, Z. (2021). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538

Deliviana, E. (2017). Aplikasi PowToon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Efendi, A., Sumarni, S., & Efendi, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Mekanika Tanah. Indonesian Journal of Civil Engineering Education, 51(4), 557–559.

Jatiningtias, N. H. (2017). Kurikulum dan teknologi pendidikan fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Penyimpangan Sosial Di SMP Negeri 15 Semarang, 76.

Murti, A. A. W. (2017). Pengembangan Media Berbentuk Game Interaktif Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam pelajaran Akutansi Kelas X SMK N 1 Godean Tahun Ajaran 2016/2017.

Musyadat, I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN Bangil. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Musyadat, I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN Bangil. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.

Perdana, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Powtoon pada Materi Momentum dan Impuls Kelas X di SMA/MA. IAIN Batusangkar, 9.

Pramudito, A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. SSRN Electronic Journal, 1(2), 99–117.

Purnama, S. (2013). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19.

Putra, H. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar KD 3.10 dan 4.10 Jurnal Penyesuaian di SMK Negeri 1 Godean Kelas X. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 03.https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April). Alfabeta, Cv.

Talitha Fendya, W., & CHENDRA WIBAWA, S. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. It-Edu, 3(01), 45–53.

Widyawati, E. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD/MI. UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v7i1.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License