Efektifitas Smart Chart- Station Rotation Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa dalam Mempelajari Morpheme dan Syntax

Caltira Rosiana, Rina Puji Utami

Abstract


Sulitnya memahami Buku pembelajaran yang bersifat saintifik, metode pembelajaran yang monoton dan cara pembelajaran Linguistik yang tidak menarik merupakan masalah klasik yang hingga saat ini belum terselesaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan Mahasiswa dalam memahami materi Morpheme dan Syntax berbasis pembelajaran virtual, mengurangi tekanan dan Meningkatkan motivasi Mahasiswa untuk mempelajari materi Morpheme dan Syntax menggunakan Smart Chart sebagai Station Rotation Blended Learning. Implikasinya, penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen berbasis Station Rotation Blended Learning dengan grop pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan pada MahaMahasiswa Jurusan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk dengan menggunakan populasi dan sampel sebanyak 36 mahaMahasiswa yang mengambil mata kuliah Morpheme dan Syntax tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dirancang sesuai dengan suasana pendidikan di era saat ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Meskipun dosen harus mempersiapkan waktu yang lebih banyak dalam menata dan memperisiapkan pembelajaran, tetapi dengan hasil mahaMahasiswa menunjukkan nilai rata-rata pre-test 70,69 dan post-test 81, artinya mahaMahasiswa dapat menghadapi proses pembelajaran dengan proses dan hasil yang baik.


Keywords


Smart Chart; Station Rotation Blended Learning; Pembelajaran Moprheme and Syntax

References


Cruz, R. F., & Tantia, J. F. (2017). Reading and Understanding Qualitative Research. American Journal of Dance Therapy, 39(1), 79–92. https://doi.org/10.1007/s10465-016-9219-z

Du Bois, J. W. (2014). Towards a dialogic syntax. Cognitive Linguistics, 25(3), 359–410. https://doi.org/10.1515/cog-2014-0024

Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean by Blended Learning? TechTrends, 63(5). https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5

Matchin, W., & Hickok, G. (2020). The Cortical Organization of Syntax. Cerebral Cortex, 30(3). https://doi.org/10.1093/cercor/bhz180

Muhid, A., Amalia, E. R., Hilaliyah, H., Budiana, N., & Wajdi, M. B. N. (2020). The effect of metacognitive strategies implementation on students’ reading comprehension achievement. International Journal of Instruction, 13(2). https://doi.org/10.29333/iji.2020.13257a

Pearl, L. (2021). Theory and predictions for the development of morphology and syntax: A Universal Grammar + statistics approach. Journal of Child Language, 48(5). https://doi.org/10.1017/S0305000920000665

Pino, L. K., Just, S. C., MacCoss, M. J., & Searle, B. C. (2020). Acquiring and Analyzing Data Independent Acquisition Proteomics Experiments without Spectrum Libraries. Molecular and Cellular Proteomics, 19(7). https://doi.org/10.1074/mcp.P119.001913

Rosiana, C. (2020). Productive Reading Activity Dalam Mempelajarai Sosiologi Dan Linguistik. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 129–135. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3423

Rosiana, C. (2021). Pengembangan Materi Morpho-Sytax Melalui Smart Chart. Jurnal Kiprah, 9(1), 56–65. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i1.3310

Sukman, S., Mistar, J., & Fikri, D. (2020). The Differences in Reading Skills between Auditory Learners and Visual Learners | SUKMAN | Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/8262

Sulistyo, G. H. (2015). English as a Measurement Standard in the National Examination: Some Grassroots’ Voice. TEFLIN Journal - A publication on the teaching and learning of English, 20(1), 1. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v20i1/1-24

Truitt, A. A., & Ku, H. Y. (2018). A case study of third grade students’ perceptions of the station rotation blended learning model in the United States. Educational Media International, 55(2). https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1484042

van Rijt, J. H. M., de Swart, P. J. F., Wijnands, A., & Coppen, P. A. J. M. (2019). When students tackle grammatical problems: Exploring linguistic reasoning with linguistic metaconcepts in L1 grammar education. Linguistics and Education, 52. https://doi.org/10.1016/j.linged.2019.06.004

Veiter, L., Rajamanickam, V., & Herwig, C. (2018). The filamentous fungal pellet—relationship between morphology and productivity. In Applied Microbiology and Biotechnology (Vol. 102, Nomor 7). https://doi.org/10.1007/s00253-018-8818-7

Yusri, -. (2018). The Effects of Problem Solving, Project-Based Learning, Linguistic Intelligence and Critical Thinking on the Students’ Report Writing. Advances in Language and Literary Studies, 9(6). https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.6p.21

Ziegler, A., Ogurreck, M., Steinke, T., Beckmann, F., Prohaska, S., & Ziegler, A. (2010). Opportunities and challenges for digital morphology. In Biology Direct (Vol. 5, Nomor 1, hal. 45). BioMed Central. https://doi.org/10.1186/1745-6150-5-45




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v7i1.4213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License