Analysis Of Student Cognitive Results Using The Team Games Tournament Model Integrated On The Ferris Wheel Media For Buffer Solution Subjects
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. 2008. Guru dalam Proses Mengajar.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Galura, I.A., Mujasam, dan Widyaningsih, S.W. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA DI SMA YAPIS MANOKWARI. Jurnal
Pancaran. Volume 5. No. 2, Mei 2016: 103-
Gunarta, I.G. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Volume 1. No. 2, 2018: 112-120.
Hastjarjo, Dicky. 2008. Ringkasan Cook, Thomas D & Campbell, Donald T. (1979). Quasi- Exsperimentation: Design & Analysis Issues For Field Settings. Hounghton mifflin Company: Boston.
Hidanurhayati, Sihaloho, M., dan Kilo, A.L. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Disertai Media Kartu Pintar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Larutan
Penyangga Kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila. Jurnal Entropi. Volume 13. No. 2, Agustus 2018: 233-240.
Ismah, Z., dan Ernawati, T. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar MIPA. Volume 13, No. 1. Maret 2018: 82-85.
John, M., Keller. 2016. Motivation, Learning, and Technology: Applying the ARCS-V Motivation Model.Participatory Educational Research (PER). Volume 3, No. 2. Agustus 2016: 1-13.
Keenan, C.W., Kleinfelter, D.C., and Wood, J.H., 1979. Kimia untuk Universitas. Terjemahan oleh Aloysius Hadyana Pudjaatmaka. 1990. Jakarta: Erlangga.
Kristina, I., Nurwahyuni, A., Dewi, E.R.S. 2017. Influence of Teams Games Tournament Learning Model Using Puzzle Media on Students’ Activity and Cognitive Learning Outcomes of Excression System Material. Bioma. Volume 6, No. 2, 2017: 78-92.
Kusumawardani, A., Utami, B., dan Sukardjo. 2015. Penerapan Metode Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Lingkaran Buffer untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 4 SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/201.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Volume 4, No. 4, 2015: 207- 216.
Mudrika, Wijaya, M., dan Sugiarti. 2018. Application of learning model cooperative type TGT ti improve the motivation and activities learn of student class XMIA-3 SMAN 1 Tanete Rilau (A Study in The Material Staple Bond Chemistry and Form of Geometry). Jurnal Chemica. Volume 19. No. 19, Juni 2018:75-86.
Mulyono. 2005. Kamus Kimia. Bandung: Bumi Aksara
Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, Volume 3. No. 1, 2018: 171-187.
Purnamawati, H., Ashadi, dan Susilowati, E. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Kartu dan Ular Tangga Ditinjau dari Kemampuan Analisis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Reaksi Redoks Kelas X Semester 2 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Volume 3. No. 4, 2004: 100-108.
Retno, A.T.P., Saputro, S., dan Utami, B. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Volume 4.No. 2. 2015: 74-81.
Sandi, F., Rumape, O., dan Mohamad, E. 2016. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Tilamuta. Jurnal Entropi. Volume 11. No. 2, Agustus 2016:161-167.
Sari, A.D.C., dan Supardi, K.I. 2013. Pengaruh Model Teams Games Tournament Media Tournament-Question Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia.Volume 7. No. 2, 2013: 1220-1228.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru.
Sudjana, Nana. 2002. Metode Statistika (Ed ke- 6). Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdikarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sumiati, Andayani. Y., dan Idrus, W. 2019. Pengaruh Model Team Games Tournament Berbantuan Media Kartu Mol Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Chemistry Education Practice. Volume 2. No.1, April 2019: 13-16.
Wiwit, Amir, H., dan Putra, D.D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.Jurnal Exacta, Volume 10, No. 1,
Juni 2012: 71-78.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v7i1.4214
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License