Strategi Guru TK Mutiara Insani Purwakarta dalam Mengembangkan Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini di Sentra Imtaq

Risma Insan Solihah, Dina Dwi Puspatarti, Elzawati Elzawati, Nayna Nurul Anmbiya, Fajrussalam Fajrussalam

Abstract


Abstrak

Tauhid merupakan pondasi bangunan agama Islam. Agar pondasi bangunan agamanya kuat. Maka menanamkan tauhid sangatlah penting bagi anak usia dini. Anak usia dini sebagai anak-anak yang baru tumbuh adalah laksana sebidang tanah yang diatasnya siap didirikan suatu bangunan Hal ini dimaksudkan agar tidak didahului oleh ajaran-ajaran lain yang bertentangan dengan akidah. Pendidikan tauhid bertujuan untuk mengesakan Allah. Allah adalah mencipta, mengatur serta tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Tujuan peneliti melakukan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan tauhid pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al-Qur‟anJenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti memilih metode ini guna sebagai bahan kajian lebih lanjut untuk memecahkan suatu permasalahan atau hambatan yang terjadi selama penelitian dilakukan. Dalam hal ini peneliti lebih memfokuskan pada masalah yang peneliti ambil yaitu mengenai bagaimana Strategi guru TK dalam mengembangkan pendidikan tauhid pada anak usia dini di sentra imtaq. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara. Subyek dari penelitian ini adalah orang yang terlibat langsung dalam kegiatan Tauhid di sentra imtaq. Penelitian yang telah dilakukan melalui sebuah wawancara di salah satu lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak  Mutiara Insani purwakarta yang menerapkan model pembelajaran berbasis sentra dengan memiliki 8 sentra dengan guru yang berbeda-beda disetiap sentranya.strategi dalam mengembangkan pendidikan tauhid pada anak usia dini di sentra imtaq yaitu dengan beberapa kegiatan pembiasaan.


Keywords


Pendidikan Tauhid; Anak Usia Dini; TK Mutiara Insani

References


Ahmad, F. (2017). Pendidikan Tauhid pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Al-Quran (TKQ) Pemalang. Purwokerto.

Hijriyani, Y. S. (2018). Efektifitas penggunaan sentra imtaq dalam pembelajaran sirah nabawiyah bagi anak usia dini. Journal Islamic Early Chilhood Education, 47-60.

Listiani. (2019). Penerapan Pendidikan tauhid pada anak usia dini di TKIT Al-UMM Cirebon. Cirebon.

Zulfatun, N. (2017). Strategi guru dalam pembelajaran tadabur alam pada mata pelajaran aqidah akhlak untuk mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di MI Al Huda Pancur Mayong Jepara . Pendidikan Agama Islam, 20-29.

Akbarsyah, nisa. (2020). Persepsi siswa terhadap metode hafalan al-quran pada siswa kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9.

Rahmawati, L. I. A. (2019). Studi kasus di MI Alam Islamic Center Ponorogo. PROGRAM.

Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan anak usia dini: Teori dan konsep. Bumi Aksara.

Zakiyyah Darajat. (2011). Metodik kusus pengajaran agama islam. Aksara.

Octaviani, S. T. (2016). Penerapan kegiatan shalat dhuha dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia 5-6 tahun di TK Islam Azkia Serang. Serang.

Sumiani, Yusuf, A., & Lestari, S. (2014). Peningkatan keterampilan shalat melalui pembiasaan shalat dhuha pada anak usia 5-6 tahun. Artikel Penelitian, 1-16.

Wulansari, Y., & Adiba, I. Z. (2021). Impresi sholat dhuha terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Butuh 2 . Jurnal Inspirasi, 30.

Abd. Jabbar Adlan, et. al. (1995). Teks book, dirosat islamiyah, pengantar ilmu tauhid dan pemikiran islam. CV. Aneka Bahagia.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v7i2.4220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License