TEKNIK “BRAIN STRORMING†DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR

Dian Indihadi

Abstract


Pembelajaran menulis di sekolah dasar (SD) menunjukan perubahan signifikan setelah teknik “Brain Strorming†diimplementasikan oleh guru dalam mengajarkan rangkaian kegiatan pada tahapan proses menulis. Terjadi peningkatan pada hasil tulisan peserta didik dengan teknik “Brain Strormingâ€. Oleh karena itu, teknik “Brain Strorming†dapat dijadikan teknik alternatif dalam menyolusikan masalah dalam pembelajaran menulis di SD. “Bagaimana “Brain Strorming†diimplementasikan dalam pembelajaran menulis di SD? Itulah menjadi fokus bahasan dalam artikel ini.

Full Text:

PDF 17-22

References


Balitbang Diknas, 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar. Kompetensi Dasar Nata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta; Pusat Kurikulum.

Borg. WR&Gal, MD. 1984. Education Research, An Introduction. New York; Longman. Demiki, A. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskriptif dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal: USM.

Depdikbud 1992. Petunjuk Teknis Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V dan VI di Sekolah Dasar. Jakarta; Depdikbud.

Depdikbud. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dunn, Opal. 1984. Developing English with Young Learners. London; Mac Millan Publishers Limited.

Indihadi, Dian. 2017. Hakikat Kedudukan dan Fungsi Bahasa Bagi Bangsa Indonesia. Bandung: Pelang Press.

Eanes, R. 1997. Content Area Literacy: Teaching for Today and Tomorrow. Washington: Dalman Publishers.

Graves. DH. 1975. An Examination of the Writing Process of Seven-year-old Children: Research in The Teaching English. 9: 227-241.

Graves, Donald.H. 1983. Writing; Teachers and Children. London; Helnemann Education Al Book.

Mc Crimmon, Jomes M. 1967. Writing with Purpose. Boston; Hougton Maffin Company. Murray, DH. 1982. Learning by Teacher. Montclair; NJ; Boynton/cook.

Plomp. (1999). An Introduction to Educational Design Research.

Permendikbud. 2016. Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013.

Smith.F. 1988. Joining the Literacy club: Further Essays in Education. New York; Longman. Syafi‘le. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Tompkins, Gail E. 1994. Teaching Writing: Balancing Process and Product. New York : Mac Millan College Publisher




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i1.458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License