MODEL INSTRUMEN TES, PENGUKURAN DAN EVALUASI ATLET PENCAK SILAT BERBASIS KOMPUTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang model instrument tes, pengukuran, dam evaluasi atlet pencak silat dengan menggunakan peralatan digital (computer). Atlet pencak silat, maupun guru penjas dan pelatih dapat melihat secara langsung skor yang diperoleh setelah dilakukan tes dan pengukuran, penelitian dibuat sebagai upaya mencari solusi strategis untuk mengendalikan permasalahan yang terjadi di masyarakat (padepokan) pencak silat, permasalahan kualitas atlet pencak silat sangat kompleks di Indonesia, ditambah dengan sangat sulit sekali menemukan model instrumen yang baku, sehingga hasil latihan tidak dapat secara langsung diukur dan dievaluasi oleh sebab itu di korelasikan hasil kualifikasi tanding IPSI dengan hasil uji instrumen yang dibuat. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall (1983) dan Gay (1990). Penelitian dibuat sebagai upaya mencari solusi strategis untuk mengendalikan permasalahan yang terjadi di masyarakat (padepokan) pencak silat, permasalahan kualitas atlet pencak silat sangat kompleks di Indonesia, ditambah dengan sangat sulit sekali menemukan model instrumen yang baku, sehingga hasil latihan tidak dapat secara langsung diukur dan dievaluasi. Karakteristik responden yang dijadikan perhatian peneliti adalah atlet pencak silat yang akan melaksanakan seleksi menjadi TIM Babak Kualifikasi PORDA XII Jawa Barat di bawah binaan Pengurus Cabang IPSI Kota Tasikmalaya, untuk responden digunakan sebanyak 21 pesilat dari berbagai kelas dan kategori. Dalam teknik pengambilan sampel peneliti mengerucutkan pengambilan sampel untuk dijadikan teste dengan menggunakan teknik purvosif sampling dimana peneliti memilih responden berdasarkan pertimbangan tertentu dengan tujuan untuk memperoleh satuan sampling yang memiliki karakteristik atau kriteria yang dikehendaki dalam pengambilan sampel yaitu responden atau atlet yang mendapatkan ranking 3 besar putra
Full Text:
PDF 60-66References
Ashley, Caseu et.al. (2017). Rethinking the relationship between pedagogy, technology and learning in health and physical education. Journal Sport, Education and Society, Volume 22, Issue 2.
Ann MacPhail, (2017). Physical education and sport pedagogy’ and the three ‘A’s: apprenticeship, academia and administration, Journal Sport, Education and Society, Volume 2, Issue 5. P. 669-683.
Anting Dien Gristyutawati, Endro Puji Purwono, dan Agus Widodo, (2015). “Persepsi Pelajar Terhadap Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa Sekota Semarang Tahun 2012â€, Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation. Volume 1 (3) (2012) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.
Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Emmelien Merchie, Melissa Tuytens, Geert Devos & Ruben Vanderlinde, (2016). Evaluating teachers’ professional development initiatives: towards an extended evaluative framework, Journal Research Papers in Education. Volume 33, pp. 143-168.
José Afonso, Pantelis T. Nikolaidis, PatrÃcia Sousa and Isabel Mesquita, (2017) “Is Empirical Research on Periodization Trustworthy? A Comprehensive Review of Conceptual and Methodological. Journal of Sports Science and Medicine, Vol. 16, pp. 27-34.
Marwan, Iis, 2014. Teori dan Praktek Pencak Silat. Bandung. Remaja Karya.
Marwan, Iis, 2017, Prosedur Penelitian Keolahragaan (Pendekatan Praktik Eksperimen), Bandung, Multazam.
Mackenzie, B. 2005. 101 Performance Evaluation Tests. London: Electric Word plc.
Mulyana, 2014, Pembentukan Karakter Melalui Pembinaan Olahraga, Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 3 Nomor 2, Desember 2014
Miller, D.K. 2002. Measurement by the Physical Educator. USA: McGraw-Hill Companies.
Nurkancana, Wayan dan Sumartana, 2012. Evaluasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional.
Nurrochmah, S. 2009. Standart test skills development for athletes basketball beginners, International conference on sport, hal. 277-283.
Widening participation in higher education: Analysis using linked administrative data. Journal of the Royal Statistical Society: Series A, Volume 176, 431-457.
Tim Caim & David Allan, (2017). The invisible impact of educational research. Journal Oxford Review of Education, Volume 43, Issue 6, p. 718-732
Richard L. Light et. Al. (2017). Positive Pedagogy for Sport Coaching. Journal Sport, Education and Society. Volume 22, Issue 2
-----------------, 2014, Peraturan Pencak Silat, Jakarta. Pengurus Besar IPSI.
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v4i1.468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License