PENERAPAN MEDIA BLOOD CIRCULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SDN SUKASIRNA KECAMATAN SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA

Titin Suhartini

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan Menganalisis sistem peredaran darah manusia pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN Sukasirna Singaparna yang menggunakan media Peredaran Darah, dilaksanakan dalam 2 siklus. Peneliti menggunakan PTK, peneliti mengambil kelas V SDN Sukasirna Kecamatan Singaparna Tasikmalaya dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 12 laki-laki, 8 perempuan. Pada tahap pra siklus guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga hanya 2 siswa yang mampu mencapai kesintasan klasikal dengan persentase 15%, klasifikasi rata-rata 42,50. Setelah media Sirkulasi Darah pada Siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan 12 siswa yang terampil. Pada Siklus 2 Siswa mengalami peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan rata-rata klasikal mencapai 78 dengan persentase kompensasi 99,05%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dalam Menganalisis sistem peredaran darah manusia dengan Sirkulasi Darah mampu meningkatkan kemampuan Menganalisis sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Sukasirna Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Kata kunci: Identifikasi, Peredaran Darah, IPA.

Abstract:

This research is to improve the ability to identify human circulatory system ofScience class V subjects at SDN Sukasirna Singaparna whichuses Blood Sirculation media, implemented in 2 cycles. Researchers use PTK, researchers took the class V of SDN Sukasirna Singaparna District Tasikmalayawith 20 students consisting of 12 men, 8 women. In the pre-cycle stage teachers still use conventional methods, so that only 2 students are able to achieve a classical survivalwith a percentage of 15%, average classification 42.50. After the media, Blood Sirculation in Cycle 1 experienced an increase of 25% with 12 skilled students. In Cycle 2 The students experience an increase significantly evidenced by the classical averages reaching 78 with a percentage of the 99.05% compensation. Therefore it was concluded that the Science learning in identifying the human circulatory system with Blood Sirculation is able to improve the ability to identify human circulatory system students class V SDN Sukasirna Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.

 


Keywords


Identifikasi, Peredaran Darah, IPA



DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i1.6214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License