PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS VI MATERI PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF TUMBUHAN DENGAN MEDIA VISUAL DI SDN 6 MANGUNREJA TAHUN PELAJARAN 2019-2020

tintin sumiatini

Abstract


Hasil penilaian siswa kelas VI SD Negeri 6 Mangunreja  materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan suatu tindakan. Tindakan yang dilakukan adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan media visual sebagai bagian dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi pembelajaran di abad 21. Hal ini bertujuan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI pada materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI. Penelitian dilakukan selama tiga minggu pada bulan September 2018. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Sumber data diambil dari hasil tes awal sebelum dilakukan tindakan untuk mengetahui pemahaman awal siswa dan nilai akhir di siklus ketiga. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar IPA. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media visual pada materi perkembangbiakan vegetatif tumbuhan dapat meningkatkan prestasi belajar kelas VI di SD Negeri 6 Mangunreja  Kecamatan  Mangunreja  Kabupaten Temanggung semester satu tahun pelajaran 2019-2020. Peningkatan hasil belajar tersebut terlihat mulai dari tes awal di pra siklus sampai dengan tes akhir pada siklus kedua sebesar 65%.

Kata Kunci: prestasi belajar, perkembangbiakan vegetatif tumbuhan, media visual


References


Nasution S. (1996). Prestasi Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hidayati, N., Pangestuti, A. A., & Prayitno, T. A. (2019). Edmodo mobile: developing e- module biology cell for online learning community. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 94-108.

Iskandar Srini M. (2001). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Maulana.

Nisa, A., Djamahar, R., & Evriyani, D. (2015). Effect of application of ular tangga game media on cognitive learning result of human reproductive system. Biosfer, Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 20-26.

Permana, F. H., & Chamisijatin, L. (2019). Project-based learning through edmodo: improving critical thinking and histology concepts. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 58-69.

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). From a reader to a scientist: developing cirgi learning to empower scientific literacy and mastery of biology concept. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 90-100.

Rosamsi, S., Miarsyah, M., & Ristanto, R. H. (2019). Interactive multimedia effectiveness in improving cell concept mastery. Journal of Biology Education, 8(1), 56-61.

Sartono, N., Rusdi, R., & Handayani, R. (2017). Pengaruh pembelajaran process oriented guided inquiry learning (pogil) dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa sman 27 jakarta pada materi sistem imun. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 58-64.

Windyariani, S. (2017). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd Pada Konteks Melestarikan Capung. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 17-21.

Winkel W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i2.6223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License