UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MELALUI METODE TEAM GAME TOURNAMEN

aam amelia

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi ciri-ciri makhluk hidup pelajaran IPA melalui model Team Game Tournamen . Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian dilakukan dari Juli sampai Agustus 2019. Hasil dari penelitian yang dilakukan, secara umum dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas melalui model Team Game Tournamen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III SDN 2 Cipakat  Kabupaten  Tasikmalaya  . Dari hasil analisis data diketahui hasil belajar bahwa model Team Game Tournamen  dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes siklus I = 45,9; siklus 2 = 62,2; siklus 3=75,7 dari hasil wawancara disimpulkan bahwa hasil belajar IPA melalui model team Game Tournamen  adalah sangat menyenangkan.

 

Kata kunci: hasil belajar, team Game Tournamen , penelitian tindakan kelas

Keywords


Kata kunci: hasil belajar, team Game Tournamen , penelitian tindakan kelas

References


Daftar Pustaka

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astriany, N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 177-189.

Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Mulyasa, E. (2008). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sabri, M. A. (1997). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Slameto. (1998). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.Sudjana, N. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, M. U. (2006). Menjadi

Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i1.6228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License