UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN SENAM DI TAMAN KANAK-KANAK PGRI CIPAKAT TAHUN PELAJARAN 2018-2019

ika wartikawati

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan memaksimalkan kegiatan senam pada siswa Taman Kanak-kanak PGRI Cipakat tahun pelajaran 2018-2019 . Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, dengan tema senam bebas, pada siklus I, pada siklus II dengan tema senam kesegaran jasmani, dan siklus III dengan tema senam irama. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan analisis dokumen. Subjek penelitian ini adalah siswa Taman Kanak-kanak PGRI Cipakat. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun kriteria ketuntasan dalam penelitian ini jika anak mencapai skor ≥ 30. Analisis data penelitian menunjukkan kemampuan motorik kasar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 65%, pada siklus II 75%, dan pada siklus III mencapai 90%. Rata-rata kelas pada siklus I adalah 30,1 meningkat pada siklus II sebesar 31,5 dan pada siklus III sebesar 31,9. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan senam dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa Taman kanak-kanak PGRI Cipakat tahun pelajaran 2018-2019 .

 


Keywords


Kata kunci : senam, motorik kasar, kemampuan.

References


Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Dhieni, Nurbiana. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta. Universitas Terbuka.

Indri, Erna. 2009. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Senam Irama pada Kelompok A TK Aisiyah Bistanul Athfal. Skripsi UMS.

Martini. 2018 . Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lempar Tangkap Bola Kelompok B TK Pertiwi I Jomoboran Klaten Tahun Pelajaran 2011/2018 . Skripsi UMS.

Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK.jakarta : Universitas Terbuka. Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i1.6232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License