PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA PERISTIWA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MANGUNREJA
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SDN 02 Manungunreja Tasikmalaya yang ditandai dengan persentase hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM sebesar 50%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar tematik dan kendala-kendala yang muncul selama pembelajaran serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilakukan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, rekfleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 2 Mangunreja Tasikmalaya yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang terdiri dari observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa selama proses pemelajaran dianalisis dalam presentase. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama pelaksanaan pembelajaran dengan dua siklus, pada siklus I yaitu 63,5% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I 63,3% menjadi 85%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu 55% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema peristiwa pada siswa Kelas V SDN 2 Mangunreja  Tasikmalaya .
Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar, Tema Peristiwa
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal. 2006. Metode Penelitian. Bandung : Yrama Media
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta
Daryanto. 2019.Strategi dan Tahapan Mengajar.
Bandung: Yrama Widya
Heruman. 2019. Model Pembelajarn Matematika.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hergenhahn.2008. Theories Of Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Indarti. Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Mangunreja Tasikmalaya : Lembaga Penerbit FBS Unesa.
Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Julianto. 2011. Model Pembelajaran IPA. Mangunreja Tasikmalaya : UNESA
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i2.6235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License