PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA PERISTIWA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 MANGUNREJA

manah susilawati

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SDN 02 Manungunreja Tasikmalaya  yang ditandai dengan persentase hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM sebesar 50%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar tematik dan kendala-kendala yang muncul selama pembelajaran serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilakukan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, rekfleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN  2 Mangunreja Tasikmalaya  yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi yang terdiri dari observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa selama proses pemelajaran dianalisis dalam presentase. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama pelaksanaan pembelajaran dengan dua siklus, pada siklus I yaitu 63,5% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I 63,3% menjadi 85%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu 55% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema peristiwa pada siswa Kelas V SDN 2 Mangunreja  Tasikmalaya .

Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar, Tema Peristiwa


Keywords


Kata Kunci: NHT, Hasil Belajar, Tema Peristiwa

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2006. Metode Penelitian. Bandung : Yrama Media

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta : Rineka Cipta

Daryanto. 2019.Strategi dan Tahapan Mengajar.

Bandung: Yrama Widya

Heruman. 2019. Model Pembelajarn Matematika.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hergenhahn.2008. Theories Of Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Indarti. Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Mangunreja Tasikmalaya : Lembaga Penerbit FBS Unesa.

Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Julianto. 2011. Model Pembelajaran IPA. Mangunreja Tasikmalaya : UNESA




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i2.6235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License