PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS VI SDN SIMPANG BANTARKALONG TAHUN PELAJARAN 2020-2021.

suarnih suarnih

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah mengetahui bahwa dengan alat peraga multimedia dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa Kelas VI SDN Simpang  Bantarkalong  tahun 2020-2021.

Bentuk penelitian dalam Karya Tulis Ilmiah  ini menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dan sampel dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Simpang  Bantarkalong  tahun 2020-2021dengan jumlah 48 siswa.

Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan meliputi metode wawancara, observasi dan tes. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui secara mendalam tentang kondisi anak sebelum pembelajaran dengan multimedia maupun setelah pembelajaran dengan multimedia, metode observasi digunakan untuk menggumpulkan data, gejala-gejala serta kondisi siswa dikelas pada siklus I, II maupun III, sedangkan metode test digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar IPA setelah siswa mendapatkan pengajaran pada siklus I, siklus II dan siklus III. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa :

  1. Nilai rata prestasi belajar IPA siswa kelas VI pada siklus I sebesar 66, pada siklus II sebesar 70 dan pada siklus III sebesar 74 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II selanjutnya ke siklus III.
  2. Prosentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 62,5 % (30 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 48 siswa), pada siklus II sebesar 85,4 % (41 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 48 siswa)dan pada siklus III sebesar 95,8 % ( 46 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 48 siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II selanjuntnya ke siklus III.

Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut : Melalui alat peraga multimedia dapat meningkatan prestasi belajar IPA pada siswa kelas VI SD negeri Simpang  Bantarkalong  Tahun Pelajaran 2020-2021

Kata kunci : Multimedia, prestasi belajar, IPA

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah Aly & Eny Rahma. (1998). Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Anni, Cathrarina. (2004). Psikologi marang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Arends, Richardl. (1997). Classroom Instructional Management. New York: TheMc

Graw-Hill Company.

Arikunto S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto S. (2007). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto S, Suhardjono, Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

…………, (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Etin Solihatin. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaram IPS.

Jakarta: Bumi Aksara.

Gulo. W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Hadininsih, Rahayu. (2009). Tesis: “Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v8i2.6243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License