Penerapan Model Talking Stick Dengan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Pengolahan Data

Noviyanti M

Abstract


Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Talking Stick Dengan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Pengolahan Dataâ€. Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Lubuklinggau tentang pengolahan data melalui penerapan Model Talking Stick dengan Media Powerpoint?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah model pembelajaran talking stick dengan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Serta tujuan jangka panjangnya adalah model ini dapat memotivasi siswa dalam belajar yang dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kelas. Metode yang digunakan adalah Model Talking Stick dengan Media Powerpoint. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang terkumpul dianalisis dan hasilnya dari pertemuan I sampai pertemuan II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 7,22 atau dengan ketuntasan belajar sebesar 18,52%. Dan dari pratindakan sampai pertemuan II nilai rata-rata siswa telah meningkat sebesar 11,67 atau dengan ketuntasan belajar sebesar 40,74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Lubuklinggau tentang Pengolahan Data setelah penerapan model Talking Stick dengan media Powerpoint dapat meningkat.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model Medi, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Permana Dadi.2008. Bersahabat dengan Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Beroreantasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi Paikem. Jakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v5i2.765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License