Pengaruh Goal Orientation dan Social Support Terhadap Student Engagement dan Implikasinya Terhadap Academic Performance
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari goal orientation dan social support terhadap student engagement dan implikasinya terhadap academic performance. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan sebanyak 305 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi angkatan 2020 yang akan diteliti sebagai sampel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner dan teknis analisis data menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan goal orientation terhadap student, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan social support terhadap student engagement, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan student engagement terhadap academic performance, 4) Terdapat pengaruh yang signifikan goal oriantation terhadap academic performance, 5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan social support terhadap academic performance, 6) Terdapat pengaruh yang signifikan goal oriantation terhadap academic performance melalui student engagement, 7) Terdapat pengaruh yang signifikan goal oriantation terhadap academic performance melalui student engagement.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Atmadja, A. T., & Saputra, K. A. K. (2018). Pengaruh Budaya Universitas Terhadap Kinerja Mahasiswa Akuntansi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Mahasiswa Akuntasnsi dI Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Aktual, 5(1), 22–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um004v5i12018p022
Blegur, J., Haq, A. H. B., & Barida, M. (2021). Exploring Goal–Setting Strategies of Prospective Physical Education Teachers to Maintain Academic Performance. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 473–484. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.539
Dupont, S., Galand, B., & Nils, F. (2015). The impact of different sources of social support on academic performance: Intervening factors and mediated pathways in the case of master’s thesis. Revue Europeenne de Psychologie Appliquee, 65(5), 227–237. https://doi.org/10.1016/j.erap.2015.08.003
Edwards, E. J., Zhang, X., Chu, K. L., Cosgrove, L. K., & Vaughan, R. S. (2022). Explaining individual differences in cognitive performance: The role of anxiety, social support and living arrangements during COVID-19. Personality and Individual Differences, 198(February), 111826. https://doi.org/10.1016/j.paid.2022.111826
Gerber, C., Mans-Kemp, N., & Schlechter, A. (2013). Investigating the moderating effect of student engagement on academic performance. Acta Academica, 45(4), 256–274.
Halimah, L., Kusdiyati, S., & Susandari, S. (2017). Pengaruh Konteks Teman Sebaya Terhadap Keterlibatan Belajar dengan Mediator Self-System Processes. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 265–274. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1612
Hanaysha, J. R., Shriedeh, F. B., & In’airat, M. (2023). Impact of classroom environment, teacher competency, information and communication technology resources, and university facilities on student engagement and academic performance. International Journal of Information Management Data Insights, 3(2), 100188. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100188
Jamaluddin, N., Daud, M., & Indahari, A. N. (2022). Student engagement dan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(4), 173–182.
Lei, H., Cui, Y., & Zhou, W. (2018). Relationships between student engagement and academic achievement: A meta-analysis. Social Behavior and Personality, 46(3), 517–528. https://doi.org/10.2224/sbp.7054
Magni, F., Gong, Y., & Chao, M. M. (2021). A longitudinal examination of the reciprocal relationship between goal orientation and performance: The mediating role of self-efficacy. Personality and Individual Differences, 179(April), 110960. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110960
Mahesa, M. F., & Gagan, H. T. (2013). Hubungan antara goal orientation dengan student engagement pada siswa sekolah masjid terminal. 1–18. https://adoc.pub/queue/hubungan-antara-goal-orientation-dengan-student-engagement-p.html
Mariyanti, S. (2015). Model Goal Orientation Sebagai Efek dari Persepsi Quality Of School Life Serta Implikasinya Terhadap Prestasi Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi, 13(2), 57–64. www.esaunggul.ac.id
Miranti, F. C., Suwarni, E., & Rahmawati, Y. M. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Orang tua Terhadap Student Engagement Siswa remaja di SMK XYZ. Handbook of Positive Psychology in Schools. https://doi.org/10.4324/9780203106525.ch12
Moesarofah. (2018). Pengalaman Mahasiswa Tahun Pertama terhadap Kinerja Akademik di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 34–41.
Muhaimin, B., Pramono, R. E., & Sutrisno. (2013). Pengaruh Dukungan Sosial dan Insentif Terhadap Kinerja Karyawan KUD Tri Jaya Sraten Kabupaten Banyuwangi ( EFFECTS OF SOCIAL SUPPORT AND INCENTIVES AT THE PERFORMANCE ON EMPLOYEE KUD TRI JAYA SRATEN BANYUWANGI REGENCY ). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 2013.
Mushtaq, I., & Khan, S. N. (2022). Factors Affecting Students’ Academic Performance. 12(6), 285–294.
Pradhata, D. R., & Muhid, A. (2021). Mastery Goal Orientation, Social Support dan Student Engagement Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 18–24. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.488
Prima, F. W., & Fikry, Z. (2021). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua terhadap Performa Akademik Siswa Kelas 2 Jurusan IPS di SMAN 4 Kota Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3998–4006. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1474
Rahman, I., & Rusli, D. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Student Engagement SMAN 1 Kampung Dalam. Jurnal Riset Psikologi, 1, 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2020i1.7967
Sari, S. M., Lestari, Y. I., & Yulianti, A. Y. (2016). Hubungan antara Social Support dan Self-Efficacy dengan Stress pada Ibu Rumah Tangga yang Berpendidikan Tinggi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 171–178. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1108
Wang, H., Xu, M., Xie, X., Dong, Y., & Wang, W. (2021). Relationships Between Achievement Goal Orientations, Learning Engagement, and Academic Adjustment in Freshmen: Variable-Centered and Person-Centered Approaches. Frontiers in Psychology, 12(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.767886
DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v9i2.9376
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License