PERKULIAHAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM MENUMBUHAN KEJUJURAN, TANGGUNG JAWAB DAN KREATIVITAS

Dedi Heryadi

Abstract


Dalam tulisan ini disajikan dampak model perkuliahan berbasis scientific approach terhadap tumbuhnya sikap jujur, tanggung jawab, dan kreativitas peserta didik. Model perkuliahan ini telah dilaksanakan pada mata kuliah “Metodologi Penelitian†selama 6 bulan di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data tes dan pengamatan. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif dengan bantuan statistik uji rata-rata dan uji beda.  Hasil penelitian diketahui bahwa perkuliahan berbasis scientific approach berdampak positif terhadap tumbuhnya sikap jujur, tanggung jawab dan kreativitas para peserta didik. Disarankan pada matakuliah lain scientific approach dapat digunakan

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Patricia (2017) Bloom’s Taxonomy. Online pada http://cft.vanderbilt.edu/guides-sub-pages/bloom-Taxonomy/.

Asna, Hamdatul (2014) “Implementasi Strategi Pembelajaran Berbasis Inquiri dengan Siklus 5E untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis†Jurnal Penelitian Pendidikan UPI. Vol 2 Tahun 2014.

Berkowitz, Marvin W. & Melinda C.Bier (2005) What Works in Character Education : A Research-Driven Guid for Educator. Washington : Character Education Partnership.

Brown, H.Douglas. 2010. Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco : Addison Wesley Longman,Inc.

Dictionary.com. 2017. “Define Conformism†online www.dictionary.com/browse/conformism

Fahinu. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Matematika pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Generatifâ€. Desertasi. Bandung : PPS UPI.

Joice, Bruce, Marsha Weil, Emily Calkom. 2008. Model of Teaching. New Jersey : Pearson /Allyn and Bacon Fublisher.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta : Kemendikbud.

Krejcir, Ricard J. 2002. “Is the Character of Responsibility Working in You ?â€. Online of http://www.disipleshiptools.org/apps/articles/?articleid=3713&co..

L.David (2015) “Classical and Operant Conditioning (Skinner) in Learning Theorie†Online pada https://www.learning-theories.com/operant-conditioning-skiner.html.

Lage, Maureen J. Glenn J.Platt and Michael Treglia. 2000. “Inverting the Classroom : A Gateway to Creating an Inclusive Learning Environment†Journal of Economic Education. Vol 31, No. 1, P30-43. Online www.tandfonline.com/toc/vece20/31/1

Lickona,Tom, Eric Scaps, Catherine Lewis .2002. “Eleven Principles of Effective Character Education†. Character Education Partnership. Online pada http://digitalcommons.Unomaha.edu/cgi/viewcontent.cgi?referer=http://scholar.google

Negel G, Mirko (2012) “Effective Teaching of Physics and Scientific Method†TEM Journal. (vol.2, No.1) online pada www.temjournal.com

Sternberg, J.Robert (2004) Handbook of Creativity. USA : Cambridge University Press.

Sternberg, R. J., Grigorenko, E. L., & Singer, J. L. (Eds.). (2004). Creativity: From potential to realization. Washington, DC, US: American Psychological Association. Online at http://dx.doi.org/10.1037/10692-000

Varelas, M and Ford M. 2009. The scientific method and scientific inquiry: Tensions in teaching and learning. USA: Wiley Inter Science.

Wijaya, Adi. 2014.â€Contoh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika SMP Kelas VIIâ€. Online pada http://p4tkmatematika.org/file/artikel%20matematika/penerapan%20

Zaim,M. 2017. “Implementing Scientific Approach to Teach Engglish at Senior High School in Indonesiaâ€. Journal Asian Social Science. Vo; 13, no. 2.2017.




DOI: https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v5i1.941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





©2015 JURNAL SILIWANGI: Seri Pendidikan
Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2M-PMP) Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: jspendidikan@unsil.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License