Indexing metadata

Pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bagi Konsumen Produk Sayur Organik (Studi Kasus CSA Seni Tani di Arcamanik, Kota Bandung)


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bagi Konsumen Produk Sayur Organik (Studi Kasus CSA Seni Tani di Arcamanik, Kota Bandung)
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ghulam Fathir Authar Insaniy; Institut Teknologi Bandung; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Lastini Lastini; Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Institut Teknologi Bandung (ITB); Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Sofiatin Sofiatin; Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Institut Teknologi Bandung (ITB); Indonesia
 
3. Subject Discipline(s) Biomanajemen
 
3. Subject Keyword(s) Pertanian Organik; Urban Farming; CSA Seni Tani; SEM; SWOT-QSPM
 
4. Description Abstract Pertumbuhan penduduk yang cukup pesat memicu peningkatan permintaan produk pangan. Demi memenuhi permintaan tersebut, petani mulai menerapkan teknologi pertanian modern seperti aplikasi pupuk sintetis dan pestisida kimia agar menstimulasi perkembangan tanaman. Namun, teknologi pertanian modern selain memberikan keunggulan, tentunya memberikan kerugian jangka panjang seperti kerusakan lingkungan dan penurunan kesehatan manusia. Pertanian organik merupakan sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan alami yang didasarkan pada prinsip-prinsip seperti kesehatan, ekologi, keadilan, dan perlindungan. CSA Seni Tani adalah bisnis berbasis masyarakat yang menerapkan konsep urban farming secara organik dan ramah lingkungan yang mengusung misi lingkungan, ekonomi, dan sosial. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bagi konsumen produk sayur organik CSA Seni Tani di Kota Bandung, dan (2) merumuskan prioritas strategi yang relevan berdasarkan kompleksitas permasalahan. Penelitian ini dilakukan September hingga November 2023 dengan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data kuisioner dari 34 responden sebagai konsumen CSA Seni Tani. Data penelitian dianalisis melalui Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui pengaruh setiap variabel baik dari variabel eksogen, variabel endogen, atau variabel mediasi. Di sisi lain, data penelitian dioperasikan dengan penggunaan IFE, EFE, SWOT, dan QSPM untuk merumuskan prioritas alternatif strategi dalam mengatasi kompleksitas permasalahan. Pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bersifat positif namun tidak signifikan yang berarti Brand Image tidak efektif menjadi mediasi kedua variabel. Strategi yang digunakan yaitu strategi menjalin kerjasama dengan mitra produsen organik, strategi melakukan riset dan pengembangan olahan kuliner, strategi menyediakan peluang kemitraan dengan usaha kuliner, dan strategi membentuk saluran video pertanian dan kuliner.
 
5. Publisher Organizing agency, location Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Siliwangi
 
6. Contributor Sponsor(s) Program Studi Magister Biomanajemen, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2024-05-31
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/agristan/article/view/9222
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.37058/agristan.v6i1.9222
 
11. Source Title; vol., no. (year) Jurnal Agristan; Vol 6, No 1 (2024): Jurnal Agristan
 
12. Language English=en idn
 
13. Relation Supp. Files Untitled (1MB)
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2024 Ghulam Fathir Authar Insaniy
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.