Pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bagi Konsumen Produk Sayur Organik (Studi Kasus CSA Seni Tani di Arcamanik, Kota Bandung)

Ghulam Fathir Authar Insaniy, Lastini Lastini, Sofiatin Sofiatin

Abstract


Pertumbuhan penduduk yang cukup pesat memicu peningkatan permintaan produk pangan. Demi memenuhi permintaan tersebut, petani mulai menerapkan teknologi pertanian modern seperti aplikasi pupuk sintetis dan pestisida kimia agar menstimulasi perkembangan tanaman. Namun, teknologi pertanian modern selain memberikan keunggulan, tentunya memberikan kerugian jangka panjang seperti kerusakan lingkungan dan penurunan kesehatan manusia. Pertanian organik merupakan sistem budidaya pertanian yang mengandalkan bahan alami yang didasarkan pada prinsip-prinsip seperti kesehatan, ekologi, keadilan, dan perlindungan. CSA Seni Tani adalah bisnis berbasis masyarakat yang menerapkan konsep urban farming secara organik dan ramah lingkungan yang mengusung misi lingkungan, ekonomi, dan sosial. Tujuan penelitian ini (1) mengetahui pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bagi konsumen produk sayur organik CSA Seni Tani di Kota Bandung, dan (2) merumuskan prioritas strategi yang relevan berdasarkan kompleksitas permasalahan. Penelitian ini dilakukan September hingga November 2023 dengan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data kuisioner dari 34 responden sebagai konsumen CSA Seni Tani. Data penelitian dianalisis melalui Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui pengaruh setiap variabel baik dari variabel eksogen, variabel endogen, atau variabel mediasi. Di sisi lain, data penelitian dioperasikan dengan penggunaan IFE, EFE, SWOT, dan QSPM untuk merumuskan prioritas alternatif strategi dalam mengatasi kompleksitas permasalahan. Pengaruh Green Marketing terhadap Purchase Intention melalui Brand Image bersifat positif namun tidak signifikan yang berarti Brand Image tidak efektif menjadi mediasi kedua variabel. Strategi yang digunakan yaitu strategi menjalin kerjasama dengan mitra produsen organik, strategi melakukan riset dan pengembangan olahan kuliner, strategi menyediakan peluang kemitraan dengan usaha kuliner, dan strategi membentuk saluran video pertanian dan kuliner.

Keywords


Pertanian Organik; Urban Farming; CSA Seni Tani; SEM; SWOT-QSPM

Full Text:

PDF

References


- Abdillah, W., Hartono. 2015. Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Penerbit Andi.

- Agustiar, G. 2023. Community Supported Agriculture (CSA) sebagai Model Bisnis Berkelanjutan untuk Gerakan Pangan Lokal (Studi Kasus CSA Seni Tani di Kota Bandung)

- Chin, W.W. 1998. The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modelling in Marcoulides, G.A (Eds.). Modern Methods for Business Research (pp. 295-236). London: Lawrence Erlbaum Associates.

- Chin, W.W. 2010. How to Write Up and Report PLS Analyses. In Vinzi, V.E., Chin, J., Hanseler, J. Wang, H (Eds.), Handobook of Partial Least Squares: Concepts, Methods, and Applications in Marketing and Related Fields (pp. 655-690). Berlin. Springer.

- Gil, J.M., Gracia, A., Sanchez, M. 2000. Market Segmentation and Willingness to Pay for Organic Products in Spain. The International Food and Agribusiness Management Review, Vol. 3 No. 2.

- Hair, J.F., Ringle, C.M., Sarstedt, M. 2011. “PLS-SEM: Indeed, A Silver Bullet”. Journal of Marketing Theory and Practice (19:2), pp. 139-150.

- Hair, J.F., Sarstedt, M., Ringle, C.M., Mena, J.A. 2011. “An Assessment of the Use of Partial Least Squares Structural Equation Modelling in Marketing Research”. Journal of the Academy of Marketing Science (40:1), pp. 414-433.

- Haniyah, D.N., Djuwendah, E., Judawinata, A.G., Sadeli, A.H. 2022. Usaha Pertanian Organik berbasis CSA (Community-Supported Agriculture) Studi Kasus CSA Seni Tani, Kota Bandung, Indonesia. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis Vol. 8 No. 2.

- Las, I., Subagyono, K., Setiyanto, A.P. 2006. Isu dan Pengelolaan Lingkungan dalam Upaya Revitalisasi Pertanian. Jurnal Litbang Pertanian. 25(3), 106-114.

- Mayrowani, H. 2012. Pengembangan Pertanian Organik di Indonesia. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi Vol. 30 No. 2.

- Utami, K., Rauf, A., Salmiah. 2019. Analisis Perilaku pada Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Jurnal Agroteknologi dan Ilmu Pertanian Vol. 3




DOI: https://doi.org/10.37058/agristan.v6i1.9222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal Agristan View MyStat

Jurnal Agristan Office:

Agribusiness Department, Faculty of Agriculture, Universitas Siliwangi
Phone: 082219288062
Fax: (0265)325812
Email: agristan@unsil.ac.id