ANALISA MOTIVASI PEKERJA KONSTRUKSI DI KOTA TASIKMALAYA

agi rivi hendardi, Dicky Nurmayadi

Abstract


Studi tentang motivasi pekerja konstruksi terbatas pada pengetahuan yang relatif kecil. Meskipun ada banyak penelitian yang tersedia mengenai motivasi dan produktivitas, beberapa peneliti telah memberikan analisis komprehensif tentang motivasi pekerja konstruksi. Penelitian tersebut menyatakan bahwa produktivitas dalam konstruksi belum membaik dibandingkan dengan sektor industri lainnya seperti manufaktur. Tren ini telah digemakan dalam publikasi selama lima dekade terakhir, dan menyarankan bahwa motivasi adalah salah satu faktor kunci yang berpengaruh terhadap kinerja kru kontruksi [1]. Dalam penelitian ini akan dilakukan studi dan Analisa secara komprehensif mengenai motivasi para pekerja di sector konstruksi, khususnya pada level proyek, yang ada di Kota Tasikmalaya. Pengambilan data sampel dilakukan dengan cara interview langsung menemui para pekerja konstruksi di proyeknya masing-masing. Dalam melakukan interview akan digunakan instrument berupa kuesioner yang disusun berdasarkan kajian teori mengenai motivasi pekerja yang nantinya kuesioner ini akan menjadi suatu alat penilaian dari objek penelitian tersebut. Data tersebut kemudian dianalisis dan diuji validasi serta dikaji mengenai hubungan kecenderungan motivasi pekerja dengan jabatan di proyek dengan uji statistik. Penelitian ini diharapkan akan menambah informasi dalam mengelola sumber daya manusia pada kegiatan konstruksi di tingkat proyek  baik bagi setiap PM sendiri maupun bagi intansi perusahaan kontraktor yang ada di Kota Tasikmalaya.

Full Text:

PDF

References


. Alim JA, Ongkojoyo BH, Chandra HP. Motivasi Pekerja Konstruksi Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Surabaya. J Dimens Pratama Tek Sipil. 2021;10(1):49–56.

. Setiawan AP, Soekiman A. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Pada Proyek Konstruksi Berdasarkan Latar Belakang Pekerja. Rekayasa Sipil. 2023;17(2):130–9.

. Siagian AO, Suhendri, Haudi, Wijoyo H. Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Komite Farmasi Nasional. J MANABIS (Jurnal Manaj dan Bisnis) ISSN 2829-2103 (Media Eletronik) [Internet]. 2022;1(2):124–33. Available from: https://journal.yp3a.org/index.php/manabis

. Gilbert J, Eka A, Limanto S. Faktor-faktor motivasi pekerja pada usaha jasa konstruksi berdasarkan teori herzberg. J Pratama Tek Sipil. 2022;11(1):108–15.

. Purnama H, Safitri M, Agustina M. BINA KONSTRUKSI PROVINSI LAMPUNG Konstruksi Provinsi Lampung merupakan Konstruksi Provinsi Lampung dalam. EKOMBIS Sains. 2020;5(Juni):11–20.

. Milla MN. Catatan Editor JPS - Setelah pandemi: Preferensi individu dan kelompok dalam interaksi sosial. J Psikol Sos. 2022;20(2):iii–iv.

. Hidayat F. Motivasi Pekerja Pada Proyek Konstruksi Di Kota Bandung. Media Tek Sipil. 2009;IX:57–70.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v5i2.10137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: