PEMILIHAN TRASE PENINGKATAN JALAN AKSES SITU RAWA GEDE DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Wahyu Gendam Prakoso, Heny Purwanti, Budi Arief

Abstract


Abstrak

Salah satu infrastruktur penting dalam pengembangan daerah tujuan wisata ialah ketersediaan jalan dan jembatan. Situ Rawa Situ Rawa Gede terletak di Desa Sirnajaya Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Bogor merupakan salah satu objek tujuan wisata potensial yang memiliki keterbatasan akses jalan dan jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk memilih trase peningkatan jalan akses menuju ke objek wisata Situ Rawa gede sebagai bagian pengembangan desa wisata Sirnajaya. Metode yang digunakan dalam penentuan alternatif trase tersebut adalah importance performance analysis dengan melibatkan aspek teknis, ekonomi, lingkungan dan sosial. Responden terdiri dari unsur pemerintah desa, tokoh masyarakat, Pengurus BUMDES Sinar makmur dan pengunjung Situ Rawa Gede. Importance performance analysis memberikan urutan kriteria terpenting dalam penentuan trase jalan yakni slope maksimum 46,90%, jarak tempuh 20,45%, waktu tempuh 17,05%, dan biaya peningkatan jalan dan jembatan 15,30%. Selanjutnya dengan menggunakan pembobotan kriteria disusun skor penilaian yang digunakan untuk menentukan prioritas alternatif yang dipilih. Alternatif II dipilih sebagai alternatif trase terbaik dari 3 alternatif yang tersedia dengan skor total sebesar 30,9.

 

Kata Kunci : Analytic Heirarchy Process, Importance Performance Analysis, Situ Rawa Gede, trase jalan.


Full Text:

PDF

References


Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan (Cetakan Kedua), Rineka Cipta. Jakarta.

Saaty, T.L. and Vargas, L.G. 1994. The Analytic Hierarchy Process: Decision Making in Economic, Political, Social and Technological Environments, University of Pittsburgh.

Chazanah, F, Putro,AAH. 2018. Studi Alternatif Pengembangan Trase Jalur Kereta Api DAOP VI Yogyakarta Menuju NIYA Kulon Progo. JTERA- Jurnal Teknologi Rekayasa Vol.3 No.1 Juni 2018 Hal. 79-88.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v2i2.2764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: