PENGARUH PRD DAN KARAKTERISTIK MARSHALL PADA SERBUK KARET BAN TERHADAP CAMPURAN HRS - WC

Moh Zulfi Ramadhan, Tommy Iduwin

Abstract


Sarana transportasi darat memiliki peranan penting dalam perkembangan suatu wilayah terutama dari sektor ekonomi sehingga berdampak pada permintaan pembangunan infrastruktur jalan raya. Konstruksi jalan di Indonesia umumnya menggunakan jenis beton aspal campuran panas,salah satunya adalah Hot Rolled Sheet – Wearing Course (HRS – WC). Dengan upaya pemanfaatan serbuk karet ban yang berlimpah dengan maksud untuk mengetahui kinerja HRS – WC dengan penambahan serbuk karet ban, bahan tersebut diperoleh dari CV. Indo Sakura Ban. Pengujian ini dilakukan dengan pengujian PRD dan pengujian Marshall Immersion,dengan variasi penambahan serbuk karet ban 0%, 1%, 3%, 5%, dan 7%. Didapatkan kadar aspal optimum sebesar 7.2%. Dari hasil pengujian PRD didapatkan hasil Density,VIM,VMA, dan VFA semuanya memenuhi spesifikasi kecuali nilai VFA pada kadar 3% - 7% tidak memenuhi spesifikasi Bina Marga 2018. Pada pengujian Marshall Immersion nilai stabilitas optimum pada kadar 3% dengan waktu perendaman 30 menit sebesar 1682.07 kg. Nilai durabilitas Marshall pada kadar serbuk ban mengalami penurunan dengan nilai 97.63%, 95.71%, 94.70%, 93.60%, 85.40%.

Kata Kunci : HRS – WC, Serbuk Karet Ban,Marshall Immersion, PRD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v4i1.5454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: