Pengaruh Filler Mortar Terhadap Campuran Aspal Beton

Mochammad Irvan Baiquni, Asep Kurnia Hidayat, Herianto Herianto

Abstract


Mortar dikenal sebagai bahan yang memiliki kuat tekan dan kekakuan tinggi sifat tersebut dapat dimanfaatkan dalam campuran aspal beton. Penggunaan mortar pada campuran ini menambah nilai stabilitas  dari campuran tersebut, sehingga dapat menanggung volume lalu lintas tinggi dan kendaraan berat.

Dalam penelitian ini, mortar digunakan sebagai pengganti sebagian filler abu batu pada agregat, sedangkan aspal yang digunakan aspal ESSO Pen 60 / 70. Karakteristik dari aspal dan agregat diperoleh melalui pengujian standar campuran beraspal panas di Indonesia, sedangkan kinerja campuran diperoleh dari pengujian Marshall. Penelitian yang dilakukan merupakan pengujian Marshall yang dilakukan di laboratorium terhadap aspal beton menggunakan aspal  ESSO Pen 60 / 70 dengan 2 % mortar dan kadar aspal yang bervariasi antara 4,5 % - 6,5 %.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kadar aspal optimum adalah 6,25 %, nilai stabilitas Marshall sanggup menahan beban lalu - lintas yang besar. Nilai stabilitas Marshall pada kadar aspal optimum pada penggunaan aspal Esso pen 60 / 70 + 2 % mortar dengan kadar aspal 6,25 % didapat 1291 kg.

 

Kata Kunci : Aspal Beton, Filler, Kadar Aspal Optimum, Marshall, Mortar.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga. Spesifikasi Umum 2010. Jakarta : Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, 2014.

Laboratorium Rekayasa Jalan dan Lalu Lintas. Panduan Praktikum. Bandung : Institut Teknologi Bandung, 2018.

O'Connor, Kevin. Understanding Concrete, Cement, and Mortar. This Old House, 2016.

Rizqi, Irma Nurhalimah. Pengaruh Filler Semen, Serbuk Arang, dan Kapur Tohor pada Campuran Aspal Beton. Tasikmalaya : Universitas Siliwangi, 2015.

Sari, Kiki Lolita. Penjelasan Mengenai VIM, VMA, dan VFA. Lampung : Universitas Lampung, 2015.

Setiawan, Agus dan Vanhardy, Andre. Perencanaan Campuran Aspal Beton Dengan Menggunakan Filler Portland Cement. Semarang : Universitas Diponegoro, 2010.

Sukirman, Silvia. Beton Aspal Campuran Panas. Jakarta : Granit, 2003.




DOI: https://doi.org/10.37058/aks.v1i1.831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini terindeks oleh: