Faktor Determinan Loyalitas Pelanggan Lazatto Pada Gen Z Di Kota Tasikmalaya

Muhamad Fasya Nur Arbaien, Elga Sheila Aprilia, Desy Ramadania

Abstract


Kota Tasikmalaya merupakan masyarakat yang potensial untuk mengkonsumsi makanan cepat saji, karena memiliki jumlah penduduk sebanyak 723.921 jiwa, menurut BPS tahun 2021. Hadirnya berbagai usaha kuliner terutama pada makanan cepat saji menandakan bahwa bisnis makanan dan minuman dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat salah satunya usaha Lazatto. Perusahaan makanan cepat saji perlu mempertahankan aspek-aspek teknis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur faktor determinan loyalitas pelanggan Lazatto di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model analisis Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). Responden dalam penelitian ini berjumlah 120 dan tersebar disemua wilayah kecamatan di Kota Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga produk, kualitas produk, dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan lazatto di Kota Tasikmalaya. Implikasi yang didapatkan akan berdampak pada strategi pemasaran yang hendak dibuat oleh pihak Lazatto Kota Tasikmalaya.


References


Agustin, A., Gojali, D., & Nazar, R. F. (2022). Mekanisme Pasar Menurut Pemikiran Ibnu Taimiyyah dan Ibnu Khaldun. Branding: Jurnal Manajemen …, 18–33. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/branding/article/view/21561%0Ahttp://journal.uinsgd.ac.id/index.php/branding/article/download/21561/7938

Audricahma, T. (2018). Peranan Ekonomi Digital Dalam Membangun Perekonomian Jawa Timur. 7, 58–67.

Durmawati, S. (2022). Kepuasan Konsumen Berdasar pada Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk (Survei pada Konsumen Lazatto Chicken & Burger Kawalu). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3716–3720.

Hair, J. F., Ringle, C. M., Gudergan, S. P., Fischer, A., Nitzl, C., & Menictas, C. (2019). Partial least squares structural equation modeling-based discrete choice modeling: an illustration in modeling retailer choice. Business Research, 12(1), 115–142. https://doi.org/10.1007/s40685-018-0072-4

Hanoum, S., Faiz, M., & Zuhriya, H. (2023). Halal Supply Chain Management : A Bibliometric Study. 3(5), 99–117.

Hasib, A., & Anwar, M. K. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Mengkonsumsi Makanan Ringan Di UNESA Ketintang. Jurnal Ekonomi Islam, 3(2020), 23–32.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Hulland, J., Baumgartner, H., & Smith, K. M. (2018). Marketing survey research best practices: evidence and recommendations from a review of JAMS articles. Journal of the Academy of Marketing Science, 46(1), 92–108. https://doi.org/10.1007/s11747-017-0532-y

I Wayan Suwendra. (2014). Manajemen Kualitas Total: Teori dan Soal Latihan. Graha Ilmu.

Junaedi. (2015). Loyalitas Pelangggan Pemasangan Iklan Televisi Dalam Acara Tembang Pantura. Deepublish publisher.

M. Nur Nasution. (2005). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), (II). Ghalia Indonesia.

Mariana, T., Suhartanto, D., & Gunawan, A. I. (2020). Prediksi Minat Beli Makanan Cepat Saji Halal: Aplikasi Theory of Planned Behavior. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 1180–1185.

Nofindri, M. L., Sutarjo, A., & Hdya, R. (2021). Issn-p : 2355-0376 issn-e : 2656-8322. Matua, 3(1), 59–72.

Nyoman Renatha Cardia, D. I., Wayan Santika, I., & Rsi Respati, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762–6781. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p19

Putra Plilati, A., Abidin Umar, Z., & Yanto Niode, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 534–542. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

Rifa’i, K. (2019). Membangun Loyalitas Pelanggan. In Zifatama publisher. Zifatama Publisher. http://digilib.uinkhas.ac.id/693/1/BUKU MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN OLEH Dr. KHAMDAN RIFA’I%2C SE.%2CM.Si.pdf

Rosnaini Daga. (2017). CITRA, KUALITAS PRODUK, DAN KEPUASAN PELANGGAN. Global Research and Consulting Institute.

Srisusilawati, P., Burhanuddin, J., Trenggana, A. F. M., & Anto, M. A. (2023). Loyalitas Pelanggan. In Widina Bhakti Persada Bandung (Pertama). Widina Bhakti Persada. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/560950-loyalitas-pelanggan-15286fcb.pdf

Suparyanto dan Rosad. (2020). Analisis kinerja keuangan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

Taftasani, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen ( Survei pada Konsumen Imah Kopi Mamang BRP Kota Taikmalaya ). 2(4), 1343–1346.

Tanera, L. (2023). Tantangan Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Dan Trasformasi Digital Dalam Bisnis Waralaba. Jurnal Multilingual, 3(3), 1412–4823.

Tarigan, H. I., Manurung, Y., & Marpaung, W. (2019). Loyalitas Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Pada Pelanggan Jasa Transportasi Online. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3(1), 34. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i1.1285

Warto, & Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 98. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803

Wong, K. K. K.-K. (2013). 28/05 - Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32.

Yelvita, F. S. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 16(8.5.2017), 2003–2005.

Zonitra, E., & Prakosa, A. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Barbershop di Yogyakarta. UPY Business and Management Journal (UMBJ), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.31316/ubmj.v1i1.2257




DOI: https://doi.org/10.37058/ams.v1i2.9668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Al-Musahamah: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking






AL-MUSAHAMAH 
Program Studi Ekonomi Syari'ah
Fakultas Agama Islam 
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya
email: [email protected]
e-ISSN 3047-8847


 

Journal IndeXed By


 

JOURNAL VISITOR

Flag Counter