Pengaruh Media Pembelajaran Educandy terhadap Minat Belajar Sejarah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Educandy terhadap minat belajar sejarah peserta didik kelas X E 4 SMAN 1 Ciamis. Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya minat belajar sejarah peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Variabel independent adalah penggunaan media Educandy (X) dan variabel dependen adalah minat belajar sejarah (Y). Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Ciamis berjumlah 432 siswa, dengan sampel 72 siswa yang terdiri dari kelas X E 4 (kelas eksperimen) dan X E 2 (kelas kontrol), masing-masing 36 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner (angket) untuk mengukur minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 29 for Windows, menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene’s Test, dan uji hipotesis Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educandy dalam pembelajaran sejarah mempengaruhi dan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata N-Gain score sebesar 0,7298 (72,98%), termasuk dalam kategori tinggi. Uji hipotesis Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,002 (0,002 < 0,05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan penggunaan Educandy terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X E 4 SMAN 1 Ciamis. Educandy berhasil menarik perhatian siswa dan menciptakan suasana belajar yang kondusif, efektif, dan efisien. Implikasi penelitian ini sejalan dengan teori behavioristik yang menekankan perubahan sikap dan perilaku siswa melalui stimulus yang diberikan.
Keywords
References
Aiken, L. R. (1980). Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement, 40, 955–959. https://doi.org/10.1177/001316448004000419
Bentriska, H. K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Educandy Terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah Siswa SMAN 3 Sidoarjo. AVATARA: E-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4), 1–8.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores. http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855
Hardani. (2020). Hardani. (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif . Hal. 56-238.
Hidayat, & Sukitman. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Di MI Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 33.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3, 115–125.
Lestari. (2020). Asyik Dengan Educandy. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/asyik-dengan-educandy/
Mardhiyah. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia, 12(1), 187–193.
Pamungkas, B. R. (2020). Pendidikan di Era Disrupsi Teknologi atau Pendidikan Nasional Perkembangan Teknologi.
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Sayekti, I. C. W., & Eryani, R. R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2082–2089.
Lesmono, S. A. D., & Harimukti, A. I. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X MIPA 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2).
Shavab, O. A. K., Yulifar, L., Supriatna, N., & Mulyana, A. (2023). Development Of Gamification Apps To Enhance Critical Thinking And Creative Thinking. Journal of Engineering Science and Technology, Special Issue, 99–106. https://jestec.taylors.edu.my/Special%20Issue%20AASEC2022/RPI_SI_2023_14.pdf
Slameto, D. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi.hal.180.
Thorndike, E. L. (1911). Animal Intelligence: Experimental studies. Macmillan.
Trygu. (2021). Menganggas Konsep Minat Belajar Matematika. Guepedia.
Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 55.
Zenobia, F. A. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Educandy Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA N 9 Kota Jambi 2023. 34.
DOI: https://doi.org/10.37058/bjpsis.v8i1.17076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 
BIHARI is Indexed by
	BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH