LEARNING STYLE THEORY DAVID KOLB DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA (Penelitian Fenomenologi di Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 2 Tasikmalaya)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF 19-36References
Amir, M. T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.
Amory, D. 2011. Essential Knowledge for Personal Coaches. Edgard Adriaens : Belgium.
Anggara, B. 2007. ‘Pembelajaran Sejarah yang Berorientasi pada Masalah- Masalah Sosial Kontemporer’. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007.
Astuti, W.W., Sukardi, FX., & Partono. 2012. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP PGRI 16 Brangsong Kabupaten Kendal. Economic Education Analysis Journal, 1 (2), (Online), (journ al.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/ download/540/587), diakses tanggal 22 September 2016.
Creswell, J. W. 1998. Qualitative inquiry and research design : choosing among five tradition. London : Sage Publication.
Creswell, J., W., 2012, Research design Pendekatan kualitatif, Kuantitatif dan Mixed; Cetakan ke-2, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Degeng, S. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdikbud.
DePorter, B & Hernacki, M. 2000. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Fuad, J. A. 2015. Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar. Disajikan di SEMINAR PSIKOLOGI & KEMANUSIAAN © 2015 Psychology Forum UMM, ISBN: 978-979-796-324-8.p.
Gall, M.D., Gall, S.P., & Borg, W.R. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
Ghufron, M. N 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunawan, R (ed). 1998. Simposium Pengajaran Sejarah (kumpulan makalah diskusi). Jakarta: Depdikbud.
Hakim, A. A. dan Saebani, B. A. 2008. Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia
Hopkins, R. 1993. David Kolb’s experiential learning machine. Journal of Phenomenological Psychology, 24,
Kochar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta : Grasindo.
Kolb, A., & Kolb, D. A. 2005. Experiential Learning Theory bibliog- raphy. Experience Based Learning Systems, Inc. Cleveland, OH. Retrieved from www.learningfromexperience.com
Kuswarno, E. 2009. Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi. Bandung: Widya Padjadjaran.
Lincoln, Y.S.& Guba, E.G. 1985. Naturalistic Inquary. London: SAGE.
McMillan, J.H. & Schumacher, S. 2001) Research in Education: A Conceptual Introduction. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Miles, M.B. and Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Miles, M.B, Huberman,A.M, 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalitik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardan, D. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. PT Bumi Kasara : Jakarta.
Tulbure, C. 2011. Do different learning styles require differentiated teaching strategies? Procedia-Social and Behavioral Sciences. [tersedia] http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.01.052.
Wiriaatmadja, R. 2002. Pendidikan Sejarah di Indonesia. Bandung : Historia Utama Press.
Zuber-Skerritt, Ortrun. 1992. Action Research in Higher Education: Examples and Reflections. Kogan Page.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BIHARI is Indexed by